Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siang Ataupun Malam Nggak Masalah

Menhub Pastikan Mudik di Jalur Lampung Aman

Kamis, 23 Mei 2019 17:17 WIB
Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kedua dan ketiga kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi (kedua kanan) usai Rapat Koordinasi Persiapan Mudik Lebaran 2019 di Lampung, Kamis (23/5). (Foto: Nana Maulana/Rakyat Merdeka)
Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kedua dan ketiga kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi (kedua kanan) usai Rapat Koordinasi Persiapan Mudik Lebaran 2019 di Lampung, Kamis (23/5). (Foto: Nana Maulana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini menjadi mudik istimewa bagi masyarakat Pulau Sumatera, khususnya masyarakat Lampung. Setelah jalan tol diresmikan, masyarakat bisa menggunakannya pada mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi alias BKS langsung turun gunung, mempersiapkan mudik di Lampung. Hari ini, Kamis (25/5), BKS memimpin Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019 Bidang Lalu Lintas bersama Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, dan sejumlah stakeholder terkait di Kantor Gubernur Lampung.

BKS mengatakan, pihaknya fokus mempersiapkan mudik di Lampung, mengingat Jalan Tol Trans Sumatera baru saja beroperasi pada tahun ini.

Baca juga : Pertamina Pastikan Sarfas Idul Fitri di Terminal Tasikmalaya Aman

"Ayo sekarang ada jalan tol dari Lampung ke Palembang, ada konektivitas dari Jakarta ke Lampung yang confidence sekali." kata BKS.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu berkomitmen memberikan layanan mudik Lebaran dengan baik. Antara lain, dengan melengkapi berbagai fasilitas penunjang  seperti rest area dan sebagainya.

"Saya sudah minta kepada BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) untuk menyiapkan rest area. Pemprov Lampung hendaknya juga  proaktif untuk meminta rest area. Kalau di Cipali, titik hentinya itu di mana saja.  Itulah membuat macet," jelas BKS. 

Baca juga : Mantap, Pertamina Pastikan Kebutuhan BBM Pemudik di Tol Trans Jawa Aman

Ia juga meminta pihak terkait untuk mengatur arus mudik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Menurutnya, masih ada stigma di masyarakat bahwa mudik aman di Lampung, hanya bisa dilakukan di siang hari saja. 

"Karena orang lebih memilih berangkat malam, jadi ada kepadatan 2 kali lipat. Ada stigma, kalau jalan malam di Lampung tidak aman. Itu adalah stigma lama. Sekarang sudah aman," tutur BKS.

Sementara itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyampaikan, jalan tol di wilayah Lampung belum sama dengan Tol Trans Jawa. "Jalan tol masih di bawah ekspektasi. Tidak ada Starbuck seperti di Tol Jawa, rest area-nya juga belum jadi. Namun, secara operasional dan fungsional, kondisinya tidak terlalu berbeda. Jadi, harus dipersiapkan dengan baik," paparnya.

Baca juga : Menhub Pantau Jalur Mudik Di Trans Jawa

Ridho menuturkan, pihaknya akan mengawasi jalan tol fungsional yang akan dilewati oleh pemudik. Sebab menurutnya, jalan tersebut masih memerlukan pengawasan. "Tol fungsional itu harus dijaga sampai menuju Sumatera Selatan. Kita akan mempertebal aparatur, supaya bisa dikawal dengan baik. Baik itu dari Dishub, Satpol PP, BPBD, ataupun petugas kesehatan. Semua kita siapkan. Supaya kita bisa mewujudkan mudik di Provinsi Lampung yang asyik, lancar," terang Ridho.

Terkait stigma keamanan di jalur Lampung, Ridho menegaskan, kondisi Lampung saat ini aman. Sehingga, bisa dilalui saat siang ataupun malam hari. "Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kami menyatakan Provinsi Lampung aman. Baik siang maupun malam. Syaratnya, kalau jalan malam, harus ada lampunya. Sepanjang ada lampunya, aman. Kalau ada yang mau lewat siang maupun malam, sudah siap. Keamanan sudah dijaga dengan baik," papar Ridho.

"Insya Allah, tahun ini kita bisa lebih baik lagi. Dengan sarana yang juga lebih baik," jelas Ridho. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.