Dark/Light Mode

Tinjau Vaksinasi Di Kalsel

Jokowi: Kalau Stok Habis, Segera Sampaikan Ke Pusat, Ke Menkes Atau Ke Saya

Kamis, 21 Oktober 2021 18:30 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi di halaman RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin, pada Kamis (21/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi di halaman RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin, pada Kamis (21/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah meningkatkan percepatan vaksinasi di Kalimantan Selatan, agar target vaksinasi nasional sebanyak 70 persen masyarakat di akhir tahun dapat tercapai.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 21 Oktober 2021, vaksinasi di Kalimantan Selatan baru mencapai 34,37 persen untuk dosis pertama, dan 20,53 persen untuk dosis kedua.

“Akhir tahun ini, akhir Desember, kita berharap 70 persen warga kita sudah tervaksin. Tadi saya mendapatkan laporan dari Gubernur Kalimantan Selatan, masih ada yang baru mencapai 33 persen,” ucap Jokowi saat berdialog melalui konferensi video di halaman RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin, Kamis (21/10).

Baca juga : Kunjungi Vaksinasi Di Ambon, Airlangga Pesan Ke Warga Tetap Waspada

Selain di Kota Banjarmasin, ada 12 kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan yang juga melaksanakan vaksinasi bersamaan pada hari ini.

Salah satu perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut menyebut, pencapaian vaksinasi di kabupaten tersebut masih rendah.

“Target kami hari ini ada 1.890. Sampai sekarang, baru 2.603 orang yang disuntik. Sehingga, total pencapaian vaksinasi kami masih cukup rendah. Sekitar 23,08 persen sampai kemarin sore,” ujar perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga : Saat Tinjau Vaksinasi, Puan Dicurhati Siswa Soal Koneksi Internet

Senada, perwakilan dari Kabupaten Tapin juga mengungkapkan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten tersebut. Menurutnya, capaian vaksinasi di Kabupaten Tapin baru mencapai 25,8 persen.

Meski demikian, sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan optimistis dapat mengejar target vaksinasi di akhir tahun ini.

“Insya Allah, di bulan November sudah 70 persen, Pak Presiden,” ujar perwakilan dari Kota Banjarbaru.

Baca juga : Puan Tinjau Vaksinasi Sekolah, Siswa Bahagia Kembali PTM

Presiden pun meminta jajaran pemerintah daerah setempat, agar bekerja sama dengan Polres dan Kodim untuk mempercepat vaksinasi. Supaya dapat memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat.

“Tadi, sudah saya sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi. Apabila stok habis, segera menyampaikan ke pusat, ke Menkes atau ke saya. Akan kita kirim sesuai dengan kebutuhan Provinsi Kalimantan Selatan,” tandas Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.