Dark/Light Mode

KLHK Bikin Hattrick Raih Penghargaan Keterbukaan Informatif Dari KIP

Selasa, 26 Oktober 2021 22:46 WIB
Wakil Presiden, Maruf Amin memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya secara virtual pada Selasa (26/10).
Wakil Presiden, Maruf Amin memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya secara virtual pada Selasa (26/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Siti Nurbaya Bakar kembali menghantarkan  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih penghargaan sebagai Badan Publik Kementerian dengan kualifikasi Informatif  tahun 2021 dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dengan nilai sebesar 97,20. 

Penghargaan ini merupakan ketiga kalinya diraih KLHK secara berturut-turut sejak tahun 2019 dan 2020.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden  Maruf Amin kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya secara virtual pada Selasa (26/10).

Baca juga : Pemprov DKI Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, Empat Tahun Berturut-turut

Dalam sambutannya, Wapres menerangkan, Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia dituntut untuk melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi. 

Salah satu di antaranya adalah prinsip keterbukaan informasi sebagai perwujudan komitmen nyata dalam membangun pemerintahan yang terbuka, akuntabel, partisipatif dan inovatif. 

Indonesia juga merupakan salah satu inisiator berdirinya Open Government Partnership (OGP), yang merupakan inisiatif global untuk mempromosikan transparansi, memberdayakan warga negara, memerangi korupsi dan memanfaatkan teknologi baru untuk memperkuat pemerintahan dalam sebuah tata kelola kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga : Kemenag Raih Predikat Menuju Informatif Dari KIP

“Sebagai anggota Open Government Partnership dan merupakan salah satu inisiator, Pemerintah Indonesia bersama orgasnisasi masyarakat sipil, dapat duduk bersama menunjukkan langkah-langkah yang tepat untuk mendorong akses informasi secara luas terhadap kegiatan badan publik yang dibiayai negara serta pelayanan publik yang terjangkau, mudah dan berkualitas,” terangnya.

Sementara Menteri LHK, Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian LHK atas kinerja yang maksimal dalam bidang keterbukaan informasi publik. 

“Dua tahun sebelumnya kita meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dan tahun ini juga kita kembali meraih Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat. Tingkatkan terus pelayanan keterbukaan informasi kita terhadap masyarakat, tetap jadi lembaga yang service excellent,” pesan Siti kepada pegawai KLHK.

Baca juga : Nusantara Regas Raih Penghargaan Keselamatan Kerja Tingkat Dunia

Selama kurang lebih lima bulan, KIP melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.