Dark/Light Mode

Padat Merayap, Agenda Jokowi Di KTT G20 Roma

Sabtu, 30 Oktober 2021 09:38 WIB
Presiden Jokowi tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia untuk menghadiri KTT G20 dan sejumlah pertemuan bilateral, Jumat (29/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia untuk menghadiri KTT G20 dan sejumlah pertemuan bilateral, Jumat (29/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri sesi ekonomi dan kesehatan global KTT G20 di Roma, Italia, Sabtu (30/10).

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Presiden Republik Indonesia sudah akan melakukan kegiatan yang sangat padat, yaitu antara lain menghadiri sesi mengenai global economy and global health,” ujar Retno saat menyampaikan keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Jumat (29/10) sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Baca juga : Wapres Ke Menaker: Kembangkan Pendidikan Vokasi Di BLK Papua Barat

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menghadiri side event mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan, dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan keberpihakan pemerintah Indonesia kepada UMKM, dan peran perempuan dalam bisnis UMKM.

“Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam, yang akan dituanrumahi oleh Perdana Menteri Italia,” sambung Retno.

Baca juga : Hadapi Perubahan Iklim, Jokowi Tanam Mangrove Di Cilacap

Selain menghadiri KTT G20, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral paling tidak dengan 6 pemimpin, antara lain dari Australia, Prancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia.

Retno menjelaskan, agenda bilateral masih sangat dinamis dan bisa berubah menyesuaikan jadwal para pemimpin.

“Kemungkinan, masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral. Karena masih ada beberapa permintaan. Kami sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya,” ungkapnya.

Baca juga : Covid Terkendali, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada

Sementara itu, pada level menteri, Retno telah melakukan tiga pertemuan bilateral yaitu dengan Menteri Luar Negeri Meksiko, Menteri Luar Negeri India, dan State Counsellor Menteri Luar Negeri China. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.