Dark/Light Mode

Lewat Voice Over Academy 2021, Sandiaga Dukung Industri Kreatif Audio

Minggu, 7 November 2021 16:08 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan industri kreatif beberapa tahun belakangan ini membuat banyak insan kreatif muda Indonesia terus melahirkan produk lokal dengan standar internasional.

Di era pandemi yang masih belum usai ini, banyaknya terobosan yang dilakukan para pelaku industri kreatif untuk menghasilkan inovasi baru yang dengan mudahnya diterima di masyarakat.

Salah satu industri kreatif yang terus berkembang adalah kreatif audio atau yang lebih familiar disebut voice over. Voice over ini memiliki peran penting dalam menyampaikan sebuah pesan pada sebuah brand image.

Baca juga : Gus Muhaimin Minta Pemerintah Dukung Industri Kreatif

Sektor pariwisata, pemerintah, kreatif, animasi dan film, bahkan instansi pendidikan pun mulai menyemaraklan trend audio dan voice over.

Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai macam konten di masyarakat yang mengandalkan kualitas cerita dengan konsep penyampaiannya melalui suara.

Hal menjadi perhatian pemerintah. Khususnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga : Menperin: SDM Jadi Tantangan Industri Batik

Bersama pelaku industri kreatif Indonesia, Kemenparekraf menyadari perlu adanya sebuah pelatihan yang menyeluruh untuk meningkatkan kualitas hasil karya insan kreatif muda dengan voice over yang mampu bersaing dalam pasar nasional maupun internasional.

Menyambut hal baik ini, Kemenparekraf melalui Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio (APTR), menyelenggarakan sebuah program yang diperuntukan bagi insan muda kreatif Indonesia yang ingin memperdalam teknik voice over agar lebih siap terjun ke industri.

Salah satu program unggulan di penghujung tahun 2021 ini, berjudul 'Voice' (Voice Over Indonesia Academy 2021). Setelah pelatihan perdana di Bogor, kini 'Voice' diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 8 November 2021 di Vega Hotel Gading Serpong Tangerang dan diikuti oleh 20 orang peserta yang sudah diseleksi langsung oleh pakar industri voice over.

Baca juga : Bamsoet Dukung Industri Modifikasi Kendaraan Listrik

Pelatihan Voice ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi menyampaikan pelaksanaan pelatihan bertujuan menjembatani para anak muda mengakomodasi kebutuhan seni suara yang semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital. Mulai dari film, video, dan platform digital.

“Kita tahu semua, kebutuhan seni suara semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital apa saja tentunya mulai dari film, video dan platform digital. Industri kreatif mendukung hal ini. Anak muda harus mengambil kesempatan baik ini,” tutur Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.