Dark/Light Mode

Pegiat Media Sosial Willie Salim Resmikan Rumah Makan Gratis "Wis Mangan?"

Sabtu, 23 Desember 2023 21:08 WIB
Pembukaan rumah makan gratis Wis Mangan? di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/12). (Foto: Istimewa)
Pembukaan rumah makan gratis Wis Mangan? di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pegiat media sosial Willie Salim meluncurkan inisiatif untuk membantu masyarakat dengan menyediakan rumah makan gratis Wis Mangan?. Hal ini dilakukan melalui WIS Foundation, yang diiniasi Willie Salim, Carestha Widjaja dan Toni Cu.

"WIS artinya World Impact Service. Kami ingin membantu orang sebanyak-banyaknya dengan lebih memfokuskan ke orang yang membutuhkan bantuan, anak jalanan, panti asuhan, lembaga pendidikan, pedagang kecil, buruh dan orang lain yang membutuhkan bantuan sandang pangan papan," ucap Willie Salim, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (24/12).

Willie lalu menerangkan latar belakangnya dari kampung halaman serta pengalaman melihat penderitaan orang lain. Hal ini memicu dirinya untuk memulai inisiatif restoran gratis.

“Dalam Bahasa Jawa 'Wis Mangan?' artinya 'Sudah Makan?' Wis Mangan? adalah rumah makan gratis sengaja dibuka sebagai aksi sosial dari Wis Foundation untuk membantu sebanyak mungkin orang dan memberikan harapan bagi mereka yang kesulitan," ucapnya.

Baca juga : LAZNAS Mandiri Amal Insani Kembali Gelar Khitanan Massal Gratis di 11 Provinsi

Willie memastikan, makanan Wis Mangan? halal dengan menu: nasi, lauk, sayur, ditambah susu. "Kami sediakan sebanyak 1.000 porsi per hari," tegas Willie.

Pembukaan Wis Mangan? dilakukan Kamis (2/12), di Jalan Rm Hadisoebeno Sosro Wardoyo Nomor 97, Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Willie Salim menambahkan, Wis Mangan? bukan sekedar memberi makanan gratis, tetapi juga membuka pekerjaan. Masakan dimasak ibu-ibu dan janda, yang menyajikan makanan adalah saudara-saudara yang berkebutuhan khusus (bisu dan tuli).

"Melihat keceriaan yang menerima manfaat Wis Mangan?, hati ini senang sekali. Para anak dari pondok pesantren, panti asuhan, pengemudi ojek online, masyarakat sekitar, atau orang yang kebetulan melewati Wis Mangan? sangat antusias makan di Wis Mangan?," tuturnya.

Baca juga : PNS Riau Ngadu Soal Pembatalan Pelantikan, Mahfud Gercep Kontak Mendagri

Meskipun menerima berbagai komentar negatif terkait keputusannya untuk membuat restoran gratis, Willie Salim tetap kukuh dalam keyakinannya bahwa kebaikan yang dilakukannya adalah langkah yang tepat. Buktinya, 1.000 porsi habis saat pembukaan Wis Mangan

Rencana awalnya, Wis Mangan? akan buka sampai 6 bulan ke depan, dan tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang. "Untuk itu saya juga mengajak pihak lain untuk bahu-membahu menyediakan makanan gratis dan sehat kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga Wis Mangan? menjadi inspirasi semua orang untuk semakin memotivasi orang untuk semakin rajin berbagi," ucap Willie Salim.

Dukungan dari berbagai pihak telah menjadi pendorong bagi Willie untuk terus melanjutkan perjuangannya. Salah satu donatur terbesar dan pemegang peran penting dalam perjalanan Wis Mangan? adalah Prof Sufmi Dasco Ahmad, tokoh yang peduli akan kesehatan serta perjuangan melawan stunting, memahami betapa pentingnya mendukung generasi muda sebagai penerus bangsa. Melalui dukungannya terhadap inisiatif Willie Salim, Prof Dasco juga ingin membawa perubahan positif bagi mereka yang kurang beruntung di masyarakat.

Dengan tekad bulat untuk memberikan arti dalam kehidupan orang lain, Willie Salim tidak hanya mengejar popularitas, tetapi menciptakan dampak nyata di masyarakat. Dengan semangat itu, Willie mengajak masyarakat untuk bergabung dalam upaya ini, menjadi bagian dari perjalanan kebaikan, dan bersama-sama melanjutkan perjuangan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Baca juga : Tingkatkan Keterampilan Siswa, Sharp Resmikan Sharp Class di SMKN 29 Jakarta

"Kehadiran Wis Mangan? tidak terlepas dari para donator, influencer, dan teman-teman volunteer dari WIS foundation beserta teman-teman WIS Creator lainnya seperti Toni Cu- Raja Main, Vincent Raja Bocil, Mami Ayu Ratu Keju yang hadir untuk mendukung rumah makan gratis ini yang dibangun dalam waktu singkat yang dikepalai Sekretaris WIS foundation, Carestha Widjaja," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.