Dark/Light Mode

2 Pesan Menag untuk Jemaah Haji: Jaga Kesehatan Fisik & Jaga Niat Ibadah

Sabtu, 11 Mei 2024 19:25 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: MCH 2024)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kembali ke Tanah Air usai kunjungan kerja di Arab Saudi, Sabtu (11/5). Menag telah mengecek persiapan pelayanan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Menag mengatakan, petugas siap menyambut kedatangan jemaah haji di Arab Saudi. Kepada jemaah, Menag meyampaikan dua pesan. Pertama, supaya jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan fisik. Kedua, menjaga niat demi kelancaran ibadah haji.

Baca juga : Rentan Kena Panyakit, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat obatan Berikut Ini

"Bertepatan dengan malam hari ini, nanti kloter pertama kita akan berangkatkan. Saya harus sampaikan kepada jemaah, cuaca sudah mulai panas di sana. Kalau kemarin saya pulang, sekitar 40 derajat. Jadi, panas sekali dan itu belum puncak," ungkap Menag, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (11/5).

Menag berharap, agar jemaah terus menjaga stamina, menjaga kesehatan fisik. "Karena kita tahu haji ini pada fisik. Jadi, dihemat energinya, banyak minum vitamin," lanjutnya.

Baca juga : 3 Pesan Menag untuk Para Petugas Haji

Yang tidak kalah penting, sambung Menag, niat harus ditata. "Jadi, niatnya itu niat ibadah. Jangan membuat niat-niat yang lain di luar niat ibadah," tutupnya.

Menag mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 16.00 WIB. Turut hadir mendampingi, Sekretaris Jenderal Kemenag Muhammad Ali Ramdhani dan Direktur Haji Dalam Negeri Saiful Mujab.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.