Dark/Light Mode

Jokowi Oke, Menlu Retno Jembatani Kerja Sama Ketahanan Pangan Dengan Vietnam

Jumat, 26 April 2024 14:21 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/4). Foto: Dwi Pambudo/RM
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/4). Foto: Dwi Pambudo/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan dirinya telah memberikan laporan kepada Presiden Jokowi mengenai kerja sama program ketahanan pangan antara Indonesia dengan Vietnam

"Tadi saya lapor kepada Bapak Presiden Jokowi hasil pembicaraan saya dengan Perdana Menteri Vietnam, lalu saya follow-up di pertemuan saya dengan Menlu Vietnam," kata Menlu usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/4).

Baca juga : Menlu Retno: Berantas Judi Online Perlu Kerja Sama Lintas Negara

Kata Menlu Retno, Indonesia dan Vietnam sepakat akan membuat perjanjian mengenai masalah ketahanan pangan. Negosiasi, tambahnya, akan segera dilakukan. "Saya lapor kepada Bapak Presiden dan Bapak Presiden oke. Presiden bilang oke," ujarnya. 

Dia bilang, kerja sama ketahanan pangan antara Indonesia dengan Vietnam bukan cuma urusan impor beras. "Kalau kita bicara ketahanan pangan jangan difokuskan kepada masalah beras saja. Namun, ada konteks yang lebih luas lagi," terang dia.

Baca juga : Prabowo & Menlu China Gelar Pertemuan Tertutup Bahas Kerja Sama Pertahanan

Sebelumnya, Retno sempat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh saat melakukan kunjungan kehormatan di Hanoi, Rabu (24/4) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa hal dibahas. Mulai dari perdagangan hingga ketahanan pangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.