Dark/Light Mode

Jemaah Haji Bersiap Wukuf di Arafah: Duduk Berdempetan, Hati Tetap Lapang

Jumat, 14 Juni 2024 21:29 WIB
Jemaah haji di dalam tenda di Arafah, Jumat (14/6). (Foto: Tommy/MCH 2024).
Jemaah haji di dalam tenda di Arafah, Jumat (14/6). (Foto: Tommy/MCH 2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sabtu (15/6/2024), jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Para jemaah Indonesia nampak sangat gembira menghadapi puncak haji ini. Meski harus duduk berhimpit-himpitan di dalam tenda di Arafah, mereka merasakan hati yang luas dan lapang.

Sejak Jumat pagi (14/6/2024), pukul 06.00 wartu Arab Saudi, jemaah haji Indonesia secara bergelombang diberangkatkan dari hotel-hotel tempat mereka menginap di Makkah menuju Padang Arafah. Pemberangkatan akan berlangsung hingga pukul 21.00 waktu Arab Saudi. Di Arafah, jemaah haji Indonesia menempati 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab atau markaz.

Di Arafah, mereka akan menjalani wukuf yang dimulai setelah waktu Zuhur dan berakhir setelah Maghrib. Wukuf dimulai dengan khutbah, lalu salat jama taqdim untuk Zuhur dan Ashar, dilanjutkan dengan zikir, membaca talbiyah, atau membaca ayat suci Al-Qur'an.

Baca juga : Secara Bergelombang, Jemaah Haji Berangkat ke Arafah untuk Wukuf

Para jemaah yang sudah berada di Arafah tampak senang. Wajahnya berseri-seri. Setelah turun dari bus, mereka langsung masuk ke dalam tenda, dan duduk berjejer secara rapi. Duduknya berdempet-dempetan, karena memang jumlah jemaah yang begitu banyak sedangkan space atau ruang di Arafah terbatas.

Kondisi tersebut tak membuat jemaah risih. Mereka tetap senang dan gembira. Seperti dituturkan Ani Nurani, jemaah lansia asal Depok, Jawa Barat. "Senang sekali bisa sampai di sini. Seperti mimpi," ujarnya, dengan wajah berseri saat ditemui anggota Media Center Haji (MCH), Jumat (14/6/2024).

Ani merasakan fasilitas yang didapat jemaah haji sangat baik. Pelayanan dari petugas juga sangat baik. "Petugasnya oke. Ramah-ramah. Tidak pernah saya jalan tidak dituntun," sambungnya. 

Baca juga : Ini Amalan yang Dilakukan Jemaah Haji Saat Wukuf di Arafah

Terkait tenda yang terasa sempit, Ani tidak mempersoalkan. "Biar sempit, hati kami lapang. Tetap senang. Tamu Allah kan harus senang," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Linda Roza, yang juga berasal dari Depok. Menurut Linda, pelayanan yang ada selama ini sangat baik.

Tenda yang ditempati Linda sebenarnya berkapasitas 130 orang, namun ada tambahan 14 orang yang berasal dari tenda lain. "Tapi tidak apa-apa, kami semua senang. Semuanya baik pelayanannya," tandas Linda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.