Dark/Light Mode

Denny JA Terbitkan Buku Tentang Sains Di Pilpres 2024

Senin, 1 Juli 2024 08:50 WIB
Denny JA. (Foto: Ist)
Denny JA. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri LSI, Denny JA menerbitkan buku tentang Pilpres 2024. Buku tersebut menceritakan tentang proses kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumi Raka.

Buka tersebut berjudul “Dengan Science, Memenangkan Pilpres 2024, Transkripsi 100 Video Ekspresi Data  Denny JA.” Buku tersebut meluncur hari ini, Senin (1/7/2024).

Dalam buku ini, Denny JA bercerita bagaimana LSI Denny JA pada Agustus 2023 mengumumkan, Prabowo jika berpasangan dengan Gibran, akan mengalahkan Ganjar Pranowo dengan pasangannya dan Anies Baswedan dengan pasangannya. Kata dia, inilah survei pertama, dengan riset dan data mengumumkan Prabowo mungkin menang jika berpasangan dengan Gibran.

Seketika, kata dia, publikasi LSI Denny JA ini membingungkan banyak orang. “Bagaimana mungkin Gibran bisa membantu Prabowo menang dalam pilpres? Apalagi saat itu, di Agustus 2023, masih ada undang-undang yang melarang capres dan cawapres untuk maju jika belum berusia 40 tahun,” ujarnya.

Apalagi saat itu, Gibran belum berusia 40 tahun. Secara undang-undang mustahil Gibran bisa dicalonkan sebagai cawapres. Dicalonkan saja mustahil, apalagi diprediksi menang.

Baca juga : Ini 8 Nama Yang Didukung Projo Di Pilkada 2024

Lalu di November 2023, kata dia, Mahkamah Konstitusi (MK) membolehkan mereka yang belum berusia 40 tahun untuk maju sebagai capres atau cawapres, sejauh pernah menjadi kepala daerah. Akhirnya, Gibran pun memenuhi syarat untuk diajukan sebagai cawapres.

Seketika, serangan publik keras sekali kepada Gibran. Prediksi orang saat itu merasa suara pasangan Prabowo-Gibran, akan turun drastis. Bukankah kritik atas mereka dahsyat sekali, bertubi- tubi.

Namun, kata di, LSI Denny JA justru mengumumkan sebaliknya. Prabowo setelah dipasangkan secara resmi dengan Gibran justru melompat tinggi sekali, meninggalkan Ganjar jauh sekali. 

Denny JA lalu mengumumkan pasangan Gibran dengan Prabowo justru melesat, meninggalkan pasangan Ganjar dengan Mahfud di atas 10 persen. Akibatnya, Denny JA banyak diserang di medsos dengan tuduhan pembohongan publik.

Dalam buku itu, Denny JA juga menceritakan pihaknya mengumumkan pada Desember 2024, Prabowo-Gibran akan menang satu putaran meskipun kritikan dari kampus makin keras.

Baca juga : Denny JA Terbitkan Buku Puisi Esai Ke-6 Soal Sisi Gelap Sejarah Kemerdekaan

Pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024, pukul 11.30 itu, Denny JA di medsosnya menulis puisi soal dua burung melintas di langit yang melintas satu putaran saja. Puisi ini pun disebut-sebut kode Prabowo-Gibran menang satu putaran.

Sekitar pukul 03.00 sore, Denny JA resmi mengumumkan kemenangan Prabowo-Gibran dengan angka 58 persen. 

KPU kemudian mengumumkan hasil secara resmi lima minggu setelah hari Pilpres. Ternyata, hasil hitungan KPU dan quick count LSI Denny JA selisihnya hanya 0,07 persen saja. Jauh lebih kecil dibandingkan quick count yang dibuat oleh aneka lembaga lain. 

Denny JA pun mengatakan mustahil ia bisa memberikan data yang sangat akurat lima minggu sebelum hasil KPU. Kata dis, ini semua mustahil bisa kerjakan tanpa kekuatan sains yang ia gunakan. Ada ilmu pengetahuan yang sudah teruji berkali- kali dibalik pemilu presiden. 

Denny JA menegaskan, semua prediksinya terlepas dari bantuan saina. Itu pula yang kemudian menjadi judul buku baru yang ia terbitkan: “Sains di Balik Kemenangan Pilpres 2024: Transkripsi 100 Video Ekspresi Data Denny JA.”

Baca juga : Menhan Prabowo Terima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama Polri

Ketika Pilpres  berlangsung, sejak Mei 2023 hingga Maret 2024, hampir setiap hari Denny JA membuat video Ekspresi Data. Dalam video itu, ia mereview, satu analisis dan juga prediksi mengenai aneka peristiwa Pilpres 2024.

Serial video itu diberi nama Ekspresi Data. Denny JA membuat opini yang berdasarkan data riset LSI Denny JA. Dipilih 100 saja dari aneka video Ekspresi Data itu untuk dibukukan.

“Buku ini tak hanya dokumentasi kondisi Pilpres 2024, dari Mei 2023 hingga Maret 2024. Ia juga sebuah pembelajaran betapa kesadaran kalangan terpelajar bisa berbeda dengan mayoritas wong cilik,” ujarnya.

Untuk diketahui, karena keberhasilannya, Denny JA mendapatkan dari LEPRID: The Legend Award. Ia ikut memenangkan Pilpres 5 kali berturut-turut pada 2004, 2009, 2014, 2019 dan 2025. MURI juga menganugerahkan Denny JA, satu rekor MURI sebagai konsultan politik pertama yang memenangkan lima kali pilpres berturut-turut di dunia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.