Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Barisan Nasional Menang Di Melaka

Najib Dapat Angin Segar

Senin, 22 November 2021 06:35 WIB
Najib Razak (kiri) dan Ismail Sabri Yaakob bertemu 21 Juli 2021 di Ruang Perdana Menteri. (Foto: Free Malaysia Today/Armand Azha Abu Hanifah/ Facebook).
Najib Razak (kiri) dan Ismail Sabri Yaakob bertemu 21 Juli 2021 di Ruang Perdana Menteri. (Foto: Free Malaysia Today/Armand Azha Abu Hanifah/ Facebook).

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan Nasional (BN) kembali menunjukkan taringnya di kancah perpolitikan Malaysia. Koalisi berkuasa yang dipimpin Partai UMNO (Organisasi Nasional Melayu Bersatu) itu menang telak di Pemilihan Umum Negara Bagian Melaka, Sabtu (20/11).

Di luar dugaan, koalisi BN berhasil meraup posisi mayoritas mutlak dengan dua pertiga kursi di Parlemen Melaka, yakni sebanyak 21 kursi. Kemenangan ini hanya berselang 3 tahun setelah kekalahan memalukan pada Pemilu Mei 2018, di tengah terjangan kasus korupsi.

Baca juga : Serius Berantas Mafia Pelabuhan, Kejagung Gelar Rapat Kolaborasi Dengan Sejumlah Instansi

Sebelumnya, Koalisi BN terdiri dari UMNO, Asosiasi Tionghoa Malaysia (MCA) dan Kongres India Malaysia (MIC).

Hasil ini menjadi barometer politik menjelang Pemilihan Raya yang akan digelar tahun depan. Negara Bagian Melaka memiliki komposisi demografi yang mirip dengan peta politik nasional, yaitu 60 persen pemilih adalah suku Melayu.

Baca juga : Menteri PAN-RB Resmikan TASPEN Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Bekasi

Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob yang baru berkuasa 3 bulan, dapat menggunakan momentum kemenangan ini untuk membubarkan parlemen, guna mengakhiri ketidakstabilan politik yang mendera Malaysia sejak Februari 2020.

Diketahui, pemilih Melayu yang sempat berpaling dari UMNO kembali memutuskan memberikan suara kepada partai terbesar Malaysia itu. Mantan PM Najib Razak menjadi pemenang terbesar dari Pemilu Melaka ini.

Baca juga : Pegadaian Dapat Penghargaan dari DJKN

Memimpin langsung kampanye UMNO, Najib membuktikan popularitasnya masih moncer di kalangan pemilih Melayu, terutama pemilih pedesaan. Meski telah dijatuhi hukuman penjara karena kasus korupsi 1MDB (1Malaysia Development Berhad), posisi politik Najib dan faksinya semakin menguat dengan kemenangan ini.

Kemenangan di Melaka adalah angin segar bagi Najib. Rumor politik mengencang, Najib akan mencoba merebut kembali posisi Presiden UMNO, dan kursi PM jika bandingnya dikabulkan pengadilan Malaysia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.