Dark/Light Mode

Pelajar Indonesia Dan Belanda Usulkan Proyek Kampung Iklim Untuk Malino

Rabu, 24 November 2021 21:09 WIB
Pelajar Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) dan Herenweg School Wassenaar Belanda menyerahkan usulan Proyek Kampung Iklim kepada Dubes Mayerfas, Rabu (24/11). (Foto: KBRI Den Haag)
Pelajar Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) dan Herenweg School Wassenaar Belanda menyerahkan usulan Proyek Kampung Iklim kepada Dubes Mayerfas, Rabu (24/11). (Foto: KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelajar Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) dan Herenweg School Wassenaar Belanda menyerahkan usulan Proyek Kampung Iklim kepada Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas, Rabu (24/11).

Proyek ini dirancang dengan aplikasi permainan komputer Minecraft. Turut menyaksikan prosesi serah terima adalah Climate Envoy Belanda Jaime de Bourbon de Parme di kantor Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag.

Proyek Kampung Iklim dikerjakan bersama-sama 14 pelajar SIDH dan 50 pelajar Herenweg School umur 10-14 tahun dari 16 September - 1 November dengan dukungan KBRI Den Haag dan Indonesia Nederland Society.

Di dalam permainan Minecraft, para pelajar membangun program adaptasi dan mitigasi iklim berdasarkan kondisi di Malino yang diidentifikasi melalui wawancara dengan para penduduk.

Penyerahan usulan Proyek Kampung Iklim untuk Malino dilakukan dalam acara Peluncuran dan Webinar yang dihadiri sekitar 80 orang, termasuk Pemerintah Kabupaten Gowa dan penduduk Malino secara online.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dan Sandiaga Uno, Duet Ciamik Untuk Pilpres 2024

Saat menerima usulan proyek tersebut, Dubes Mayerfas menyatakan proyek Kampung Iklim dapat diimplementasikan secara nyata.

“Proyek Kampung Iklim ini akan menjadi kontribusi yang baik untuk Pemerintah dan masyarakat Indonesia, terutama di Malino," ujar Dubes Mayerfas dalam keterangan resminya, Rabu (24/11).

Dubes Mayerfas mengatakan, Program Kampung Iklim sudah dijalankan Pemerintah Indonesia sejak 2016 dan telah dibangun di lebih dari 2 ribu lokasi.

"Proyek ini jika diterapkan di Malino akan membantu pemenuhan target 20 ribu Kampung Iklim di tahun 2024,” ujar Dubes Mayerfas.

 

Baca juga : Jalan Antardesa Di Teluk Wondama Ditempuh 4 Hari, Gus Halim: PR Kita Masih Banyak

 

Usulan proyek tersebut juga disambut baik oleh Climate Envoy Belanda. “Para pelajar secara kreatif dan fun mencari solusi untuk masalah global (perubahan iklim). Beberapa solusi yang ditawarkan dalam proyek sejalan dengan permasalahan yang dihadapi, seperti pengolahan sampah," ujar De Parme.

De Parme mengatakan, Pemerintah Belanda tengah bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia melalui ekonomi sirkular untuk pengolahan sampah.

Anggota Board of Trustee Indonesia Nederland Society dan mantan Menteri Luar Negeri Belanda Bernard Bot, yang menyaksikan penyerahan menyampaikan, proyek ini dapat menstimulasi dan menjangkau para pembuat kebijakan.

"Untuk itu, akan baik jika proyek ini bisa diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan dasar,” ujarnya.

Baca juga : Membanggakan, Lagu Indonesia Raya Berkumandang Di Sirkuit Mandalika

Pembangunan Kampung Iklim dilakukan selama enam pekan oleh para pelajar dengan fokus kepada tujuh permasalahan di Malino.

Proyek tersebut dikerjasamakan oleh kedua sekolah sebagai bagian dari pembelajaran perubahan iklim dan mengambil momentum Pertemuan Conference of Parties (COP) 26 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.