Dark/Light Mode

Positif Covid, Presiden Ceko Lantik Perdana Menteri Baru Dari Dalam Kotak Kaca

Minggu, 28 November 2021 23:05 WIB
Positif Covid, Presiden Ceko Lantik Perdana Menteri Baru Dari Dalam Kotak Kaca

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Ceko Milos Zeman melantik pemimpin oposisi Petr Fiala sebagai perdana menteri baru di negara tersebut, dari dalam kotak kaca berbahan plexiglass di ruang negara di kediamannya.

Zeman duduk di kursi roda, dengan peralatan pelindung lengkap. Aturan Ceko mengharuskan pasien positif untuk menjalani isolasi diri selama dua minggu.

Baca juga : Ditelusuri KPK, Penyebab Pemprov DKI Bayar Formula E Lebih Mahal Dari Kota Lainnya

Presiden berusia 77 tahun ini tertular Covid tepat, setelah menjalani perawatan intensif untuk masalah yang tidak terkait.

Dia adalah perokok berat dan mantan peminum berat, serta menderita diabetes.

Baca juga : Top, Penerbangan Perdana Di Bandara Ngloram 100 Persen Siap

Dalam konstitusi Ceko, presiden adalah tokoh utama. Namun, dia memimpin pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan baru.

Pemungutan suara bulan lalu mengembalikan kemenangan mengejutkan bagi oposisi terhadap Perdana Menteri Andrej Babis.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Melandai, KPK Kebut Lagi Pencarian Harun Masiku

Berbicara melalui mikrofon di dalam kotak tertutup, Zeman mengatakan dia akan menghabiskan dua minggu ke depan untuk mewawancarai calon menteri, meskipun pilihan kandidatnya tergantung perdana menteri.

Proses ini akan berlanjut hingga 13 Desember, sehingga pemerintahan baru secara keseluruhan dapat ditunjuk untuk mengambil alih dari Babis. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.