Dark/Light Mode

Dubes Kumar Bharti Luncurkan Buku India-Indonesia

Kamis, 2 Desember 2021 07:41 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti meluncurkan buku Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step, di  Hotel JW Marriott, Jakarta, Selasa (30/11). (Foto: Kedubes India Di Jakarta)
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti meluncurkan buku Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step, di Hotel JW Marriott, Jakarta, Selasa (30/11). (Foto: Kedubes India Di Jakarta)

 Sebelumnya 
Tak ketinggalan, sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui video.

Pada kesempatan yang sama, Ilham Habibie menyampaikan, hubungan bilateral bisa menghapus segala hambatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang lebih baik.

Baca juga : Perpusnas-STIK Kolaborasi Luncurkan Situs Kepustakaan Ilmu Kepolisian

“Kita perlu meminimalkan hambatan teknologi agar masyarakat tidak takut belajar tentang teknologi dan dapat berpartisipasi dalam dunia Industri 4.0 yang terbuka di depan kita,” ujarnya.

Di sinilah, lanjut Ilham, Indonesia dan India dapat berkolaborasi untuk bekerja sama dan mempromosikan literasi digital di tingkat akar rumput.

Baca juga : Menkes: Varian Omicron Belum Terdeteksi Di Indonesia

Indonesia dan India merupakan dua negara demokrasi terbesar di dunia. Presidensi Indonesia di G20 yang akan berlangsung tahun ini pun, akan dilanjutkan India pada periode berikutnya.

Hubungan kedua negara juga produktif. Nilai perdagangan antara kedua negara, mencapai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 286 triliun pada 2019-2020. India dan Indonesia juga sepakat meningkatkan target volume perdagangan 50 miliar dolar AS atau sekitar Rp 716 triliun pada 2025. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.