Dark/Light Mode

Suasana Haru Iftar KBRI Amman Bersama Warga Palestina Di Gaza

Senin, 3 Juni 2019 05:37 WIB
Anak-anak bermain ketika buka puasa bersama di kamp pengungsi Deir Balah, Gaza Tengah. (Foto KBRI Amman)
Anak-anak bermain ketika buka puasa bersama di kamp pengungsi Deir Balah, Gaza Tengah. (Foto KBRI Amman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dharma Wanita Persatuan (DWP) bekerja sama dengan KBRI Amman melaksanakan kegiatan sosial penyaluran donasi kemanusiaan melalui iftar (buka puasa) bersama warga Palestina di Gaza. Acara dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2019.

Iftar bersama sekitar 700 warga Palestina  berlokasi di kamp pengungsi Deir Balah, Gaza Tengah. Kegiatan yang dihadiri anak yatim dan keluarga dhuafa ini dikoordinir sukarelawan kemanusiaan KBRI Amman, Abdullah Onim dengan lembaga Nusantara Palestine Center (NPC).

Menu iftar terdiri dari kurma, air mineral, minuman ringan dan nasi ayam panggang. Ratusan warga Gaza sangat menikmati hidangan tersebut.

Baca juga : Dirut BRI Buka Bersama Santri Ponpes Kholifatulloh Singo Ludiro Solo

“Bagi mereka bantuan makanan seperti ini sangat berarti untuk meringankan beban penderitaan warga Palestina di Gaza yang masih terus menghadapi krisis ekonomi dan kesulitan hidup akibat blokade Israel yang berkepanjangan,” demikian keterangan pers KBRI Amman, Yordania.

“Para anak yatim dan keluarga dhuafa ini juga terharu dan bahagia karena masyarakat Indonesia selalu memberi perhatian dan dukungan bagi warga Palestina, baik di Tepi Barat maupun di Jalur Gaza,” pernyataan itu lagi.

Terpisah, Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sejumlah kalangan di Tanah Air yang terus memberikan perhatian, dukungan dan bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Menurut Andy, sejak dua tahun terakhir, bantuan kemanusiaan yang telah disalurkan kepada Palestina, termasuk para pengungsi, mencapai 4,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 65 miliar.

Baca juga : Peringati Hari Kartini, KBRI Beijing Suguhkan Makanan Kesukaan Kartini

Menurut pejabat Kementerian Kesehatan Gaza, Mukhlis, donasi yang dikumpulkan DWP dan disalurkan KBRI Amman dalam bentuk iftar bersama adalah ben- tuk kepedulian sosial yang tinggi dari masyarakat Indonesia.

“Bantuan ini sangat tepat waktu dan sangat dibutuhkan bagi warga Gaza di tengah blokade Israel. Untuk itu, sekali lagi terima kasih atas bantuan ini,” ucap Mukhlis.

Blokade Israel di Gaza telah berlangsung lebih dari 10 tahun, termasuk konfik terbuka dengan Israel pada 2008 dan 2014 yang menelan korban ribuan jiwa warga sipil Palestina.

Baca juga : Stabilkan Harga, Kementan Gelar OP Bawang Merah & Bawang Putih 

Setahun terakhir ini, baik Hamas mau pun Israel terlibat beberapa kali saling serang roket dan rudal, yang menambah situasi di Gaza semakin buruk.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.