Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Kartini, KBRI Beijing Suguhkan Makanan Kesukaan Kartini

Sabtu, 4 Mei 2019 13:55 WIB
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun dan Ketua DPW KBRI Beijing Sih Elsiwi. (Foto KBRI Beijing)
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun dan Ketua DPW KBRI Beijing Sih Elsiwi. (Foto KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Hari Kartini di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China, berlangsung meriah. Acara yang digelar 3 Mei 2019 dihadiri segenap tokoh masyarakat Indonesia di Beijing: para pelajar, ekspatriat, pengusaha dan diaspora Indonesia.

"Perayaan Hari Kartini merupakan salah satu wujud apresiasi atas perjuangan dan dedikasi terhadap sosok Raden Ajeng Kartini bagi kemajuan kaum Perempuan. 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, yang pada hakekatnya ditujukan kepada seluruh kaum perempuan di Indonesia," kata Duta Besar Djauhari Oratmangun dalam sambutannya.

Baca juga : Pakai Jurus Ini, BI Sukses Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

Di acara yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Beijing, Sih Elsiwi Handayani Oratmangun dalam pesan dan kesannya menyampaikan: "Peringatan Hari Kartini menjadi momen penting untuk menegaskan kembali pengakuan dan penghormatan terhadap harkat, martabat, dan peranan kaum perempuan. Termasuk pengakuan dan penghargaan terhadap jasa-jasa kaum perempuan secara menyeluruh, sebagai ibu, istri, warga negara dan pejuang."

Dia menambahkan, buku karya Raden Ajeng Kartini yang berjudul “Habis Gelap, Terbitlah Terang” telah menggugah semangat juang kaum perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Baca juga : Hari ini, Jokowi Resmikan Bendungan Gondang Di Jateng

Dalam kesempatan itu, tamu disuguhkan salah satu makanan kesukaan Kartini, yakni sup pangsit Jepara yang diracik Sih Elsiwi.

Kegiatan lain berupa sarasehan bersama masyarakat Indonesia dengan kegiatan yang berisi penampilan seni tari, pembacaan puisi, dialog dengan perwakilan masyarakat Indonesia terkait makna peringatan Hari Kartini dalam kehidupan masyarakat, serta menyanyikan bersama lagu Ibu Kita Kartini dan lagu nasional lainnya.

Baca juga : Menteri Rini Jelaskan Soal Laporan Keuangan Garuda yang Jadi Polemik

Kartini dikenal sebagai salah seorang tokoh perempuan Indonesia yang gigih memperjuangkan kemerdekaan hak perempuan, antara lain untuk maju dan memperoleh kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki. Jadi, sangatlah relevan bila Hari Kartini dirayakan masyarakat Indonesia di manapun berada. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.