Dewan Pers

Dark/Light Mode

UPN Veteran Yogyakarta Gandeng Universitas Belarus Untuk Pertukaran Budaya

Jumat, 14 Januari 2022 21:01 WIB
Kerja sama UPV Veteran Yogyakarta dan Minsk State Linguistic University (MSLU) di Minsk, Belarus, Jumat (14/1). (Foto: Istimewa)
Kerja sama UPV Veteran Yogyakarta dan Minsk State Linguistic University (MSLU) di Minsk, Belarus, Jumat (14/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pembangunan Nasional (UPV) Veteran Yogyakarta menggandeng Minsk State Linguistic University (MSLU) di Minsk, Belarus untuk bekerja sama dalam program pertukaran budaya dan bahasa kedua Negara, Jumat (14/1).

“Kerja sama antara UPN Veteran Yogyakarta dan MSLU ini diharapkan dapat membantu kedua perguruan tinggi untuk berbagi sumber daya dan keunggulan demi kemajuan bersama,” ungkap Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarus Jose Tavares dalam sambutan yang disampaikan virtual, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (14/1).

Berita Terkait : Retno: Perjuangan Indonesia Untuk Kesetaraan Vaksin Belum Selesai

Pelaksanaan penandatanganan kerja sama turut dihadiri pejabat diplomat Kedubes Belarus di Jakarta, Direktur Eropa II Kemenlu RI, perwakilan Dirjen Dikti dan Biro Kerja Sama, Humas Kemendikbudristek RI, serta para dekan dan jajaran tenaga pengajar kedua universitas.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi mengatakan, Departemen Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta akan menjadi focal point pelaksanaan berbagai program kerja dan plan of action perjanjian kerja sama dengan MSLU, termasuk menjadi tuan rumah Pusat Bahasa dan Budaya Belarus di Indonesia.

Berita Terkait : Resmikan 6 Rumah Ibadah di Kampus, Universitas Pancasila Jadi Miniatur Keberagaman

“Kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program yang akan dilaksanakan oleh kedua universitas," ujarnya.

Program-program kerja sama yang akan dikembangkan di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan dan promosi bahasa kedua negara. Program ini dikembangkan oleh UPN Veteran Yogyakarta dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemdikbudristek.

Berita Terkait : Peringatan Hari Ibu, Ganjar Pranowo Tulis Puisi Rindu Untuk Ibunya

Sedangkan Rektor MSLU, Natalja Laptseva menyampaikan kegembiraan atas kesepakatan yang berhasil diresmikan dan ditandatangani, Jumat (14/1).

“Kerja sama MSLU dengan FISIP UPN Veteran Yogyakarta ini akan menjadi jembatan yang sangat baik bagi akademisi dan mahasiswa kedua universitas untuk meningkatkan kualitas dan jejaring internasional serta mengenal lebih dekat berbagai potensi Indonesia melalui kebudayaaan serta pembelajaran Bahasa Indonesia,” ujar Rektor Laptseva. [DAY]