Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng 4 Universitas

Kemenko Polhukam Keluarin Rekomendasi Perkokoh Kesatuan Bangsa

Rabu, 15 Desember 2021 15:21 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat Press Briefing sebelum Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa (Rakorkesbang) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/12) malam. (Foto: Ist)
Menko Polhukam Mahfud MD saat Press Briefing sebelum Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa (Rakorkesbang) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/12) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya menjaga kesatuan bangsa tentu selalu mendapatkan tantangan dan ujian seiring dengan perkembangan waktu dan perubahan situasi di tengah masyarakat. Sebagai konsekuensinya, setiap kebijakan dan program yang bersentuhan dengan kesatuan bangsa perlu dievaluasi secara berkala.

Baca juga : Gandeng BPAM, Bank Neo Commerce Genjot Penjualan Reksa Dana

Atas dasar kondisi tersebut, Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) bekerjasama dengan empat Perguruan Tinggi; Universitas Udayana, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Indonesia, melakukan pengkajian kebijakan yang hasilnya digunakan sebagai bahan untuk melakukan rekomendasi kebijakan kementerian dan lembaga di bidang kesatuan bangsa.

Baca juga : Sowan Ketua KWI, Gus Muhaimin Ingin Perkokoh Persatuan Bangsa

Ada empat isu strategis yang menjadi fokus kajian 2021: Proporsionalitas Pembagian Urusan Pemerintahan Pusat dan Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (bekerja sama dengan Universitas Udayana), Pembentukan dan Pengawasan Produk Hukum Daerah dalam Menjaga Kesatuan Bangsa (bekerja sama dengan Universitas Andalas), Kebebasan Berpendapat, Berkumpul, dan Berserikat dalam kerangka Kesatuan Bangsa, bekerja sama dengan (Universitas Brawijaya), dan Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang Berkeadilan dalam rangka Memperkukuh Kesatuan Bangsa (bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia).

Baca juga : Layanan SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Sampai Pukul 2 Siang

Hasil kajian dan Rekomendasi ini disampaikan oleh para tim pengkaji kepada media di acara Press Briefing sebelum Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa (Rakorkesbang) dalam rangka Penyerahan Buku Rekomendasi Kebijakan Kementerian dan Lembaga di Bidang Kesatuan Bangsa Tahun 2021 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/12) malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.