Dark/Light Mode

Rendang Goes To Europe Meluas Ke Timteng

Jumat, 4 Februari 2022 22:22 WIB
Dubes Iwan Bogananta (tengah)mengunjungi pabrik makanan Bella Ltd di kota Botevgard, Bulgaria. (Foto KBRI Sofia)
Dubes Iwan Bogananta (tengah)mengunjungi pabrik makanan Bella Ltd di kota Botevgard, Bulgaria. (Foto KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Rendang Goes to Europe alias rendang masuk ke Eropa makin nyata. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia yang berkedudukan di Ibu Kota Bulgaria, Sofia, Iwan Bogananta terus melakukan follow up terhadap usaha yang mulai dijajakinya sejak tahun lalu.

Pada 3 Februari lalu, Iwan Bogananta berkunjung ke Botevgrad, kota di bagian barat Bulgaria. Di Lokasi itu, sekitar 50 kilometer dari Sofia, bakal dibangun pabrik rendang untuk mendekati akses pasar. Antara lain Serbia, Turki, dan Yunani.

Baca juga : Mahfud Dorong Jaksa Agung Usut Proyek Satelit Kemenhan

“Kedatangan kami untuk menindaklanjuti hasil penandatanganan kerja sama antara Bella Ltd dan William Wongso pada November lalu. Kami melihat secara langsung fasilitas pabrik yang telah disiapkan Bella Ltd sekaligus membicarakan teknis produksi rendang di sini,” kata Iwan dalam keterangan resminya, kemarin.

“Bulgaria akan kami jadikan hub atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan,” jelas Dubes yang berlatar belakang pengusaha itu.

Baca juga : Romo Benny Kenang Gus Dur Sebagai Pejuang Kemanusian

Pada kunjungan itu, pihak pabrik melalui Chief Operating Officer (COO) Bella Ltd, Dimitar Mitev menerangkan, pabrik ini merupakan salah fasilitas baru dari 9 pabrik yang mereka memiliki. Pabrik tersebut memproduksi produk makanan seperti pastry, meat, margarin, oil, dan berbagai varian lainnya.

“Khusus pabrik di wilayah Botevgrad ini telah dipersiapkan khusus memproduksi rendang mulai dari pengolahan sampai packaging hingga dilengkapi sertifikasi halal,” urai Dubes Iwan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.