Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertemuan Menteri ASEAN Di Kamboja

Menlu Retno Tekankan Pentingnya Myanmar Menjalankan 2 Hal Konsensus ASEAN

Kamis, 17 Februari 2022 20:05 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Twitter/Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Twitter/Menlu_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN ( ASEAN Foreign Ministers' Meeting Retreat(AMM Retreat)) menegaskan pentingnya Myanmar melaksanakan konsensus ASEAN soal menangani krisis Myanmar.

Konsensus itu dikenal dengan Lima Poin Konsensus ASEAN (Five Point of Consensus/5PCs). Keputusan itu dihasilkan dalam ASEAN Leaders Meeting (ALM) di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu, 24 Maret 2021. Pertemuan dipimpin Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. 

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Jaga Dan Rawat Ikatan Kebangsaan

Lima Poin Konsensus terdiri dari. Pertama, kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya. Kedua, dialog konstruktif di antara semua pihak terkait mulai mencari solusi damai untuk kepentingan rakyat.

Ketiga, utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog, dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN. Keempat, ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre. Dan kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak terkait.

Baca juga : Terima Kunjungan Dudung, Bamsoet Tegaskan Pentingnya Vaksinasi Ideologi

“Kita semua sangat concern terhadap situasi di Myanmar, termasuk tidak adanya kemajuan signifikan dalam implementasinya. Semua negara ASEAN mengharapkan adanya kemajuan implementasi 5PCs," kata Menlu Retno, Kamis (17/2) dalam jumpa pers virtual, usai AMM Retreat itu digelar di Phnom Penh, Kamboja, 16-17 Februari 2022.

Dalam AMM Retreat itu, kata Retno, Indonesia menyampaikan bahwa implementasi ini penting bagi rakyat Myanmar, untuk stabilitas dan perdamaian di kawasan, dan bagi kredibilitas ASEAN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.