Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Tomohon Jadi Kota Toleransi, Wapres Ingatkan Pentingnya Menjaga Keutuhan Bangsa

Jumat, 19 November 2021 16:15 WIB
Wakil Presiden KH Maruf Amin.(Foto: Instagram)
Wakil Presiden KH Maruf Amin.(Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sebagai Kota Toleransi se-Indonesia dengan penandatanganan prasasti di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara.

Wapres meresmikan prasasti tersebut setelah membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (19/11).

Baca juga : Lestari Minta Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

"Dengan ini, saya resmikan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi Indonesia," ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres mengatakan potensi kemajemukan masyarakat Indonesia harus terus dirawat, dengan beragam latar belakang agama, suku, adat dan budaya, membuat Indonesia merumuskan Pancasila.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Belajar Dari Sejarah Bangsa

Para pendiri bangsa atau founding fathers telah merumuskan Pancasila tersebut sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan atau konsensus nasional, kata Wapres.

"Kesepakatan tersebut dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran dan tidak egois, serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing," ujar Wapres.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Belajar Dari Sejarah

Wapres meminta semua pihak, khususnya masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon, untuk terus merawat toleransi sebagai upaya mewujudkan keutuhan bangsa Indonesia.

"Sikap-sikap positif harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia, yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita, khususnya kalangan milenial, generasi Z dan generasi yang lebih belia lagi," ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.