Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

AS Donasi Lagi 3,5 Juta Vaksin Covid-19 Untuk Indonesia

Senin, 7 Maret 2022 15:30 WIB
Dubes AS Sung Kim (kanan) dan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin, rekan USAID dan patner lokal, di klinik vaksinasi di Tangerang, 28 Februari 2022. (Foto USAID)
Dubes AS Sung Kim (kanan) dan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin, rekan USAID dan patner lokal, di klinik vaksinasi di Tangerang, 28 Februari 2022. (Foto USAID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer yang aman dan efektif, sumbangan dari Amerika Serikat (AS), tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, Jumat (4/3). Hingga saat ini, Amerika Serikat melalui kemitraan dengan Covax dan UNICEF telah menyumbang lebih dari 32,3 juta dosis vaksin Covid-19 ke Tanah Air. 

Dengan total komitmen 4 miliar dolar, AS juga menjadi donor terbesar untuk Covax, yang telah membantu Gavi, kemitraan kesehatan global publik-swasta, mengirimkan lebih dari 90 juta dosis vaksin ke Indonesia.

Baca juga : Gibran Positif Covid-19 Untuk Kedua Kali

Secara global, AS menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara yang paling membutuhkan, dan telah mengirimkan lebih dari 483 juta vaksin ke 110 negara, jumlah dosis yang disumbangkan ini lebih banyak dari gabungan bantuan vaksin dari semua negara lain.

“Amerika Serikat memegang teguh komitmen kemitraan kami dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi, menjaga kesehatan masyarakat, dan membuka kembali perekonomian,” kata Direktur USAID Jeff Cohen.

Baca juga : Amerika Sumbang 3,5 Juta Vaksin Pfizer, Indonesia Happy

Selain menyumbangkan vaksin, AS juga memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi, melatih petugas kesehatan, dan mendukung logistik untuk distribusi vaksin ke daerah-daerah terpencil yang membantu memastikan vaksin ini sampai ke tangan masyarakat.

Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah memberikan lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons Indonesia terhadap Covid-19, yang merupakan tambahan dari bantuan kesehatan senilai lebih dari 1 miliar dolar selama dua dekade terakhir.

Baca juga : Kemenkop UKM Kebut Vaksinasi Booster Untuk Anggota Koperasi Dan UMKM

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 180 juta orang di Indonesia—hampir sekitar dua pertiga populasi penduduk Indonesia.

AS telah membantu sekitar 44.000 petugas kesehatan garis depan serta memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, USAID telah memberikan dukungan untuk 9.645 kegiatan vaksinasi, dan membantu diberikannya dua juta dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.