Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Tokyo Promosikan Tenaga Terampil Indonesia Di Kumamoto

Jumat, 29 April 2022 07:48 WIB
KBRI Tokyo membuka kegiatan Briefing Session Potensi Tenaga Kerja Terampil/Specified Skilled Workers (SSW) Indonesia di Prefektur Kumamoto, Jepang pada 27 April 2022.
KBRI Tokyo membuka kegiatan Briefing Session Potensi Tenaga Kerja Terampil/Specified Skilled Workers (SSW) Indonesia di Prefektur Kumamoto, Jepang pada 27 April 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Tokyo membuka kegiatan Briefing Session Potensi Tenaga Kerja Terampil/Specified Skilled Workers (SSW) Indonesia di Prefektur Kumamoto, Jepang, pada Rabu (27/4). 

Dengan menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Jawa Timur, KBRI Tokyo memfasilitasi diskusi dengan soal potensi tenaga kerja Indonesia beserta program unggulan yang ada di masing-masing daerah. Tujuannya, guna mempersiapkan tenaga terampil untuk sektor industri di Jepang. 

“Dengan besarnya jumlah penduduk usia produktif di Indonesia, Pemerintah Indonesia terus mendorong peningkatan pengiriman tenaga kerja terampil ke Jepang. Salah satunya melalui forum yang kita selenggarakan ini,” ujar Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo, Tri Purnajaya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4) 

Adapun narasumber yang hadiri, yakni Kepala Dinas Pendidikan (KaDisdik) Pemprov Jawa Barat Dedi Supandi dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (KadisNakertrans) Pemprov Jawa Timur Himawan Estu Bagijo 

Baca juga : STBA LIA Jakarta Siapkan Generasi Gen Z Lebih Lugas Tampil Di Depan Umum

KaDisdik Pemprov Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan,  Pemprov Jawa Barat fokus untuk mengembangkan kapasitas SDM yang siap terjun ke industri. 

“Salah satunya melalui pendidikan kurikulum vokasi bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar serta program SMK membangun Desa,” ungkap Dedi. 

Sejalan dengan Pemprov Jawa Barat, KadisNakertrans Jawa Timur,  Himawan Estu Bagijo menekankan komitmen Pemprov Jawa Timur untuk memfasilitasi pengiriman tenaga kerja terampil Indonesia ke luar negeri, termasuk Jepang.  

Kegiatan Briefing Session ketenagakerjaan ini diselenggarakan secara hibrida. Dihadiri secara langsung oleh 57 pelaku bisnis serta asosiasi tenaga kerja Jepang di Kumamoto dan secara daring oleh 144 pegiat Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Baca juga : Capai 19,52 Ton, Produksi Pupuk Indonesia Di Atas Target

Seluruh peserta yang hadir mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk komunikasi secara langsung antara pelaku bisnis sebagai end-user di Jepang dengan para pemangku kebijakan di daerah. Selain itu, kegiatan ini juga dinilai dapat membuka jejaring antara asosiasi tenaga kerja Indonesia dengan lembaga penerima di Kumamoto.   

Sementara Chairman Brightens Corporation,  perusahaan tenaga kerja di Kumamoto, Murata Yuuki memastikan tenaga kerja Indonesia sangat diterima baik di Jepang, karena karakteristik orang Indonesia yang ramah dan giat bekerja. 

“Saya ingin sekali memfasilitasi lebih banyak lagi tenaga terampil Indonesia untuk bekerja di Kumamoto,” sebutnya. 

Tercatat, pada per 2021, terdapat 3.889 pekerja terampil Indonesia dengan visa Specified Skilled Workers (SSW) yang bekerja di Jepang. Umumnya bekerja di sektor pertanian, manufaktur makanan dan minuman, perawat dan caregivers, industri permesinan serta perikanan. 

Baca juga : 2 Tunggal Putri Indonesia Lolos 32 Besar

Kegiatan Briefing Session Ketenagakerjaan yang diselenggarakan KBRI Tokyo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Friendship Day di Kumamoto. Selain kegiatan Briefing Session Ketenagakerjaan, terdapat pula kegiatan in-store promotion produk Indonesia di Tsuruya Department Store, Seminar Perdagangan dan Investasi Indonesia, maupun kegiatan layanan masyarakat Indonesia lainnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.