Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Survei, Netizen Anggap Prabowo Sosok Yang Tepat Pimpin Indonesia

Kamis, 21 April 2022 20:38 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei yang dikeluarkan Merdeka Institute Public Opinion Survey menempatkan Prabowo Subianto sebagai tokoh tertinggi yang memperoleh sentimen positif dari warganet alias netizen.

"Sebanyak 25,4 persen dari total netizen yang mempercakapkan Prabowo cenderung menyampaikan ujaran positif tentang Ketua Umum Partai Gerindra itu," ujar peneliti senior PWS Mohammad Yafi NI, Kamis (21/4).

Baca juga : Puan Ajak Kartini Muda Ikut Memajukan Indonesia

Dia melanjutkan, hanya 12,4 persen yang cenderung bernada negatif, dan sisanya 62,2 persen bersifat netral. Hasil tersebut membuat posisi Prabowo Subianto berada di peringkat pertama yang mendapatkan sentimen postif oleh warganet.

Para pesaingnya, yakni Ganjar Pranowo, berada di urutan kedua dengan 20,6 persen dan Anies Baswedan di peringkat ketiga dengan 18,9 persen.

Baca juga : Sahrul Gunawan: Airlangga Hartarto Sosok Tepat Jadi Presiden Mendatang

Yafi menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukannya, alasan Prabowo Subianto mendapatkan sentimen positif dari warganet tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama, kinerja Prabowo yang masih dianggap menteri terbaik di Kabinet Jokowi jilid II. "Ini ternyata cukup membuka mata publik mengenai totalitas Prabowo mengemban tugas negara," jelasnya. 

Baca juga : Hari Kartini 2022, Nenih Sosok Multi Peran Kartini Peternak Indonesia

Sementara yang kedua, karena sikap Prabowo yang jarang sekali mau terlibat dalam percakapan tentang capres 2024. Prabowo pun dianggap netizen sebagai sosok yang tidak ambisius nyapres seperti beberapa menteri lain dalam Kabinet Jokowi Jilid II.

"Pernyataan-pernyataan Prabowo cenderung yang mengarah pada pencarian solusi daripada membangun kontroversi atas berbagai masalah nasional akhir-akhir ini kemudian juga mempengaruhi sentiment positif tersebut," beber Yafi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.