Dewan Pers

Dark/Light Mode

Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Jatuh Pada Senin 2 Mei 2022

Minggu, 1 Mei 2022 06:38 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal (Foto: Saudi Gazette)
Ilustrasi pemantauan hilal (Foto: Saudi Gazette)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan, hari ini adalah hari terakhir Ramadan 1443 Hijriyah (tepat hari ke-30), berdasarkan kalender Ummul Qura.

Sehingga, hari pertama Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada Senin (2/5) besok.

Berita Terkait : Rayakan Idul Fitri Dengan Bersilaturahmi Bersama Dulux

Kalender Ummul Qura disusun berdasarkan hisab hakiki untuk kepentingan sipil di Arab Saudi. Kalender ini juga menjadi rujukan sejumlah negara Islam di Timur Tengah dan sejumlah organisasi.

"Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota, seluruh warga dan segenap umat Muslim. Semoga Allah SWT menerima puasa, shalat malam, dan amal baik mereka. Semoga, Allah SWT juga berkenan menjaga keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Kerajaan," demikian pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi, seperti dilansir Kantor Berita Saudi Press Agency, Sabtu (30/4).

Berita Terkait : Traveloka Berangkatkan Ratusan Mitra Driver Eats Delivery Mudik 2022 Gratis

Sebelumnya, pada hari yang sama, Saudi Gazette melaporkan, hilal bulan Syawal tidak terlihat dari observatorium Tamir atau observatorium Universitas Majmaah di Hautat Sudair. 

Melalui akun Twitter-nya, Pusat Astronomi Internasional mengumumkan sejumlah negara Islam seperti  Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon, Mesir, Sudan, dan Turki juga menetapkan hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriyah jatuh pada 2 Mei 2022. [HES]