Dark/Light Mode

Pengen Berkontribusi Membangun Negara

Perkumpulan Mahasiswa Indonesia Di Inggris Dirikan Lembaga Think Tank

Minggu, 1 Mei 2022 13:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
"Apalagi keterlibatan para pelajar unggulan kita di luar negeri, dengan model lembaga riset dan think tank seperti ini akan membangun kolaborasi yang cerdas bagi Indonesia dalam mengantisipasi secara lebih solid perkembangan global yang terjadi untuk mengawal kepentingan nasional kita," tandasnya.

Kolaborasi Negara-Masyarakat

Baca juga : Puan Bicara Kriteria Pemimpin: Yang Cinta Indonesia Dan Mau Gotong Royong Di Lapangan

Senada dengan pembicara lainnya, Abdul Kodir, Sekretaris PPI UK dan PCNU Inggris menegaskan peran penting anak-anak muda pelajar Indonesia di luar negeri.

Riset dan kajian yang dibutuhkan pemerintah dengan memanfaatkan berbagai latar belakang akademik dan peran strategis para pelajar di luar negeri menjadi potensi yang rasional, cerdas dan aplikabel. Apalagi, saat ini komunikasi semakin mudah dilakukan melalui platform digital. 

Baca juga : Angklung Dan Tari Betawi Semarakkan Paviliun Indonesia Di Festival Budaya Asia Roma

"Melalui kontribusi para mahasiswa dan diaspora Indonesia, saya mendorong para pemuda untuk punya kepedulian dan inisiatif menjadi pemimpin yang dapat mengoneksikan berbagai potensi baik yang dapat bermanfaat bagi negara dan kesejahteraan rakyat Indonesia secara luas. Pemerintah juga harus mampu menjemput bola dan antisipatif, agar match kombinasinya", ujar Kodir, intelektual muda yang juga pengajar Sosiologi di Universitas Negeri Malang. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.