Dark/Light Mode

Pengen Berkontribusi Membangun Negara

Perkumpulan Mahasiswa Indonesia Di Inggris Dirikan Lembaga Think Tank

Minggu, 1 Mei 2022 13:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Dia menilai, anak-anak muda era milenial memiliki keunggulan komparatif dibanding generasi-generasi sebelumnya, khususnya dalam menghadapi era digital.

"Mereka ternyata relatif memiliki perenungan dan kebijaksanaan tersendiri yang berangkat dari kecepatan perkembangan konten yang mereka konsum dari media sosial," ungkap doktor antropologi politik ini.

Dimas yang juga mantan Staf Khusus Kantor Kepresidenan ini juga menilai, pellibatan anak-anak muda dalam mensukseskan agenda pemerintah semakin tak bisa dihindari.

Baca juga : Puan Bicara Kriteria Pemimpin: Yang Cinta Indonesia Dan Mau Gotong Royong Di Lapangan

Kepemimpinan dan inisiatif anak muda produktif menjadi keuntungan negara dalam mensukseskan proses pembangunan dan transformasi sosial ekonomi yang tengah berlangsung saat ini.

Dimas menambahkan, regenerasi kepemimpinan tidak bisa dihindari mengingat jumlah populasi anak muda produktif yang besar. Apalagi di banyak komunitas bisnis, tampuk kepemimpinan telah banyak diserahkan ke generasi ketiga yakni kalangan anak muda.

Namun harus menjadi catatan, generasi muda yang sudah atau akan menuju jalan kepemimpinan ini masih perlu diperkuat dan dikawal agar mereka punya kapasitas dan integritas yang tepat.

Baca juga : Angklung Dan Tari Betawi Semarakkan Paviliun Indonesia Di Festival Budaya Asia Roma

"Menurut saya, mereka tetap membutuhkan proses pendampingan atau mentoring, sebagaimana Cokro kepada Sukarno, sehingga terbentuk kolaborasi antar generasi antar sektoral, dan dapat menjadi formasi kepemimpinan kolektif yang baik bagi bangsa ini," tutur pengamat politik dan penggagas sekolah kepemimpinan anak muda, Kader Bangsa Fellowship Program ini.

Terkait peluncuran Lembaga Think Tank Equator Iniative yang dibentuk komunitas mahasiswa Indonesia di Inggris, Dimas mengungkapkan dukungannya dan menyatakan siap berkolaborasi.

Diungkapkannya, pembagian tugas antara anak muda, dan antara negara dan masyarakat sipil, khususnya kalangan anak-anak muda potensial akan sangat membantu dan berdampak pada proses transformasi sosial ekonomi yang kita butuhkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.