Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilpres Filipina

Bongbong Dan Sara Duterte Menang Mutlak

Selasa, 10 Mei 2022 09:19 WIB
Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte, pasangan capres dan cawapres Filipina 2022. (Foto Inquirer.Net)
Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte, pasangan capres dan cawapres Filipina 2022. (Foto Inquirer.Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ferdinand Marcos Jr (Bongbong) meraih kemenangan mengejutkan dalam Pilpres Filipina pada Senin (9/5). Penghitungan tidak resmi menunjukkan, Bongbong telah mengantongi lebih dari 27,5 juta suara yang dibutuhkan sebagai pemenang mayoritas mutlak. 

Perolehan tersebut  menjadi mayoritas mutlak pertama dalam tiga dekade. Bahkan, dukungan untuk Marcos Jr, putra mantan diktator Filipina mendiang Ferdinand Marcos, lebih banyak daripada dukungan yang diraih Rodrigo Duterte dalam pilpres enam tahun lalu. 

Baca juga : Unggul Telak, Marcos Jr Ogah Klaim Kemenangan

Kurang dari tiga jam sejak rilis hasil awal pemilihan presiden, Marcos Jr menyampaikan pidato di siaran Facebook. Dia meminta para pendukung terus mempercayainya. Meski ia jauh meninggalkan saingan yang juga satu-satunya capres perempuan, Wakil Presiden petahana Leni Robredo, Marcos Jr enggan mengklaim kemenangan.

Namun, ia mengucap terima kasih kepada para pendukungnya yang sudah merayakan kemenangan untuknya. 

Baca juga : Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur Meninggal Dunia

"Seperti yang saya katakan, penghitungannya belum selesai. Banyak yang bilang selesai tapi nyatanya tidak. Jadi, kita tunggu saja sampai hasilnya 100 persen," ucapnya.

"Terima kasih saya kepada anda yang tidak sabar menunggu, terima kasih saya untuk semua orang yang membantu dalam perjuangan kami, untuk pengorbanan anda, untuk pekerjaan serta waktu dan kemampuan yang anda kerahkan," sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.