Dark/Light Mode

Pilpres Filipina

Bongbong Dan Sara Duterte Menang Mutlak

Selasa, 10 Mei 2022 09:19 WIB
Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte, pasangan capres dan cawapres Filipina 2022. (Foto Inquirer.Net)
Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte, pasangan capres dan cawapres Filipina 2022. (Foto Inquirer.Net)

 Sebelumnya 
Pada Selasa (10/5) pukul 08:02, hasil tidak resmi dari Komisi Pemilihan Umum (Comelec) menunjukkan Marcos Jr memimpin pemilihan presiden dengan 30.505.036 suara. Di tempat kedua jauh di belakang Leni Robredo yang mengumpulkan 14.539.334 suara.

Disusul Senator Manny Pacquiao (3.511.608 suara), Wali Kota Manila Isko Moreno (1.854.653 suara), dan Senator Ping Lacson (869.864 suara).

Dalam perebutan kursi wakil presiden, Sara Duterte yang merupakan pasangan Marcos Jr unggul dengan 30.065.495 suara. Jauh meninggalkan pasangan Robredo, Francis Pangilinan (Kiko) dengan 8.858.053 suara.

Baca juga : Unggul Telak, Marcos Jr Ogah Klaim Kemenangan

“Usaha sebesar ini, tidak melibatkan satu orang. Ini melibatkan sangat sangat banyak orang, bekerja dengan cara yang sangat berbeda,” kata Marcos Jr.

"Untuk semuanya, saya ucapkan terima kasih. Mari kita awasi pemungutan suara. Jika kami terpilih, saya harap anda tidak bosan membantu dan  kepercayaan anda tidak pudar karena banyak yang harus kita lakukan untuk kita. masa depan," tuturnya. 

Dalam pidato yang sama, Marcos Jr mengatakan, dukungan yang diperolehnya dari publik adalah hal terpenting.

Baca juga : Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur Meninggal Dunia

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan senegara yang ada di sana dan mendukung tidak hanya para kandidat dan seluruh partai, tetapi juga mendukung upaya kami untuk masa depan yang lebih baik bagi Filipina yang kami cintai. Itu adalah yang terpenting saya dalam kampanye ini," pungkasnya. 

Sebagai informasi, selain memilih presiden baru, Pemilu Filipina juga untuk memilih wakil presiden, gubernur, wali kota, anggota DPR dan senat. Berbeda dengan kebanyakan pemilu di negara lain, pemilihan presiden dan wapres, tidak satu paket. ***

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.