Dark/Light Mode

Cetak Sejarah

Pertama, Muslimah Jadi Menteri Di Australia

Rabu, 1 Juni 2022 17:32 WIB
Anthony Albanese (paling depan ketiga dari kanan) berpose bersama para menteri dilantik.(Foto Mick Tsikas/AAP)
Anthony Albanese (paling depan ketiga dari kanan) berpose bersama para menteri dilantik.(Foto Mick Tsikas/AAP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabinet pemerintahan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dilantik, Rabu (1/6). Terdapat 13 menteri perempuan, termasuk Muslimah bernama Anne Aly yang ditunjuk sebagai Menteri Pemuda Australia. Dia menjadi wanita Muslim pertama yang menjabat sebagai menteri di Negeri Kanguru.

Selain Anne Aly yang mencetak sejarah sebagai perempuan Muslim pertama sebagai menteri, kabinet pemerintahan Albanese memiliki satu lagi seorang menteri Muslim, yakni Ed Husic. Dia ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian Australia.

Baca juga : Messi Isyaratkan Piala Dunia 2022 Jadi Laga Terakhir

Selain Muslim, Albanese turut merangkul tokoh pribumi Australia sebagai menteri, yakni Linda Burnley. Dia menjadi perempuan pertama dan satu-satunya orang pribumi kedua, yang menjabat sebagai Menteri Urusan Pribumi.

“Bangga memimpin pemerintahan inklusif yang beragam seperti di Australia sendiri. Selamat datang di semua anggota (Partai) Buruh yang baru ini,” tulis Albanese lewat akun Twitter pribadinya. 

Baca juga : Top, Bank DKI Jadi Bank Daerah Pertama Bisa Transaksi Di Luar Negeri

Kabinet Albanese terdiri dari beberapa wajah baru serta beberapa anggota parlemen yang menjabat di pemerintahan Partai Buruh sebelumnya. Mereka terakhir memegang kekuasaan sembilan tahun lalu. Dari 30 menteri yang diangkat dalam pemerintahan baru, hampir setengahnya adalah perempuan. Wanita juga memegang rekor 10 tempat dari 23 peran inti Kabinet.

“Kami memiliki banyak talenta di pihak parlemen kami. Ini adalah pemerintahan Partai Buruh yang paling berpengalaman dalam sejarah kami sejak federasi,” ucap Albanese.

Baca juga : Nama JK Masih Berkibar Di Jagat Politik Nasional

Sebelumnya pekan lalu, Gubernur Jenderal Hurley, telah melantik PM Albanese, dan Menteri Luar Negeri Penny Wong. Sesaat usai dilantik, keduanya langsung terbang ke Tokyo, Jepang. Untuk melakukan pertemuan puncak aliansi Quad, bersma dengan Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Perdana Menteri India Narendra Modi.*** 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.