Dark/Light Mode

Festival Pasar Senggol Turki, Kulineran Plus Nikmati Musik Angklung Di Istanbul

Selasa, 7 Juni 2022 11:45 WIB
Padatnya pengunjung Festival Pasar Senggol di Halic Congress Center, Istanbul, Turki, Minggu, 5 Juni 2022. (Foto KJRI Istanbul) 
Padatnya pengunjung Festival Pasar Senggol di Halic Congress Center, Istanbul, Turki, Minggu, 5 Juni 2022. (Foto KJRI Istanbul) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas ekonomi diaspora dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki didukung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul menyelenggarakan pameran dagang, bazar kuliner dan festival budaya terpadu di Istanbul, Turki, dengan nama Festival Pasar Senggol Türkiye.

Festival Pasar Senggol sebagai marketplace produk komunitas diaspora ekonomi Indonesia diselenggarakan selama satu hari di Halic Congress Center, Istanbul, Turki, Minggu (5/6). PPI Dunia dan Rumah BUMN turut mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

Pertunjukan angklung meriahkan Festival Pasar Senggol Turki. (Foto KJRI Istanbul)

Penyelenggaraan Festival Pasar Senggol beranjak dari diskusi para diaspora, pelajar dan KJRI Istanbul tentang perlunya wadah bagi komunitas ekonomi diaspora Indonesia untuk dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya ke masyarakat luas di Turki.

Diskusi tersebut ditindaklanjuti para diaspora dan PPI Turki dengan menyelenggarakan Festival Pasar Senggol yang memadukan aspek promosi ekonomi dan kuliner serta pagelaran budaya Indonesia di Istanbul untuk pertama kalinya.

Konsul Jenderal RI Istanbul Imam As’ari menyampaikan bahwa Festival Pasar Senggol diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki. (Foto KJRI Istanbul)

Baca juga : Lewat Pasar Tani, Kementan Terus Kawal Ketersediaan Pangan Di Kalsel

Konsul Jenderal RI Istanbul, Imam As’ari menyampaikan bahwa Festival Pasar Senggol diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki. Acara ini bakal diselenggarakan setiap tahun.

Seiring dengan persiapan Festival Pasar Senggol, para diaspora ekonomi Indonesia di Istanbul dengan dipandu KJRI Istanbul juga menggagas terbentuknya Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI).

Masakan Indonesia tersedia di Festival Pasar Senggol Turki di Istanbul. (Foto KJRI Istanbul)

KEDI diharapkan dapat menjadi wadah tukar informasi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku usaha dan calon wirausaha diaspora Indonesia di Istanbul dan wilayah lainnya di Turki.

Berdasarkan catatan Kamar Dagang Istanbul per Februari 2022, terdapat 42 perusahaan aktif yang didirikan/terdapat kepemilikan saham WNI. Deklarasi pendirian KEDI juga dilakukan di ajang Festival Pasar Senggol.

Nikmati masakan Nusantara di Festival Pasar Senggol. (Foto KJRI Istanbul)

Baca juga : Lestari Imbau Pembangunan Kedepankan Pelestarian Lingkungan

Festival Pasar Senggol dimeriahkan puluhan diaspora penggiat usaha kuliner Indonesia di Istanbul dan sekitarnya. Ada 14 UMKM Indonesia juga memamerkan berbagai produk Indonesia, mulai dari produk kerajinan, perhiasan, pakaian, makanan hingga jasa spa.

Sejumlah UMKM itu merupakan binaan enam BUMN terkemuka Indonesia. Yaitu BRI, Telkom Indonesia, PLN, BNI, Pertamina dan Bank Mandiri, yang tergabung dalam wadah Rumah BUMN.

Produk UMKM Indonesia tersedia di Festival Pasar Senggol Turki. (KJRI Istanbul Turki)

Para UMKM tersebut membawa beragam produk andalan Indonesia, seperti produk handicraft, home decor, fashion, komoditas kopi, teh, madu dan produk makanan jadi.

Lebih lanjut, mengusung visi ‘The First Asian Market in Türkiye’, Festival Pasar Senggol diperkuat dengan partisipasi komunitas diaspora dari Filipina, Thailand dan Malaysia serta warga dan pebisnis setempat.

Baca juga : Ngevlog Bareng Ariel Noah, Puan Ajak Masyarakat Dukung Ekonomi Kreatif Bangkit

Tak hanya pameran produk kuliner, barang dan jasa, Festival Pasar Senggol dimeriahkan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, business talks dan fashion show.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.