Dark/Light Mode

Dubes Jepang Beri Penghargaan Kepada Eks Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta

Kamis, 16 Juni 2022 06:36 WIB
Dubes Jepang Kenji Kanasugi (kanan), menyerahkan sertifikat pengharagaan pada mantan Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam. (Paul Yoanda/RM)
Dubes Jepang Kenji Kanasugi (kanan), menyerahkan sertifikat pengharagaan pada mantan Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam. (Paul Yoanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya mantan Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Saiful Umam, melaksanakan berbagai program kerja sama Jepang untuk masyarakat Islam Indonesia, diganjar penghargaan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jepang.

Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, memberikan penghargaan khusus itu pada Saiful. Pemberian penghargaan dilakukan di kediaman Dubes Kanasugi, kawasan Jakarta Selatan, Rabu malam (15/6).

Baca juga : Presiden Lantik Dewan Pengarah, Kepala & Wakil Kepala BPIP di Istana

Saiful datang bersama sejumlah pejabat UIN Jakarta. Termasuk mantan Rektor UIN Jakarta yang juga cendekiawan Muslim, Azyumardi Azra.

Di atas panggung mini di ruang utama, Kanasugi menyerahkan sebuah sertifikat, yang dibungkus rapi dengan bingkai berukuran 40x30 centimeter (cm) persegi. Sertifikat itu bertuliskan aksara Negeri Matahari Terbit.

Baca juga : Gus Halim Beberkan Kunci Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Di Indonesia

Sebelum menyerahkan sertifikat itu, Kanasugi memaparkan sejumlah pencapaian Saiful. Mulai dari kunjungan pimpinan pesantren ke Jepang, hingga keberhasilannya menjalankan program kontra kekerasan di kalangan pemuda.

Kanasugi menjelaskan, sejak tahun 2004, Jepang telah terlibat kerja sama dengan PPIM UIN Jakarta. "Sejak kerja sama itu, lebih dari 160 guru dan pemimpin pesantren dari seluruh Indonesia telah mengunjungi Jepang," jelas Kanasugi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.