Dark/Light Mode

Dubes Jepang Beri Penghargaan Kepada Eks Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta

Kamis, 16 Juni 2022 06:36 WIB
Dubes Jepang Kenji Kanasugi (kanan), menyerahkan sertifikat pengharagaan pada mantan Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam. (Paul Yoanda/RM)
Dubes Jepang Kenji Kanasugi (kanan), menyerahkan sertifikat pengharagaan pada mantan Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam. (Paul Yoanda/RM)

 Sebelumnya 
Mereka telah mengunjungi institusi pendidikan, instansi pemerintah, fasilitas sosial dan budaya di Jepang, dan juga homestay dengan keluarga Jepang. Tujuannya, untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Jepang, masyarakat Jepang, serta budaya dan pendidikan.

Lalu, sambung Kanasugi, mereka membawa kembali pengalaman di Jepang ke pesantren masing-masing. Dengan maksud untuk melihat pemahaman yang lebih baik tentang Jepang dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren.

Baca juga : Presiden Lantik Dewan Pengarah, Kepala & Wakil Kepala BPIP di Istana

Di saat yang sama, kata dia, Jepang juga telah mampu memperdalam pemahaman tentang Indonesia. Terutama pada masyarakat Muslim melalui interaksi dengan para pemimpin pesantren dan guru.

"Kami sangat menghargai keterlibatan Dr Saiful dalam proyek ini sebagai anggota PPIM, terutama selama menjabat sebagai Direktur Eksekutif pada 2015 hingga 2019," ujarnya.

Baca juga : Gus Halim Beberkan Kunci Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Di Indonesia

Lebih lanjut, kata Kanasugi, Saiful juga turut mendukung proyek anti kekerasan ekstrem. Sejak 2017, Jepang mendukung proyek tersebut. Dan Saiful, secara signifikan berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan dan keberhasilan proyek.

Dia bilang, memperkuat saling pengertian dan hubungan baik antara Jepang dan Indonesia tidak hanya menguntungkan kedua negara. "Tetapi juga berkontribusi pada kemakmuran dan stabilitas kawasan dan komunitas internasional," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.