Dark/Light Mode

Jaksa Agung AS Di Ukraina Bahas Upaya Nuntut Kejahatan Perang Rusia

Selasa, 21 Juni 2022 21:29 WIB
Jaksa Agung AS Merrick Garland dan Jaksa Agung Ukraina Iryna Venediktova menggelar jumpa pers di Ukraina. (Foto CNN)
Jaksa Agung AS Merrick Garland dan Jaksa Agung Ukraina Iryna Venediktova menggelar jumpa pers di Ukraina. (Foto CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Merrick Garland tiba di Ukraina, Selasa (21/6), guna membahas upaya AS untuk membantu Ukraina mengidentifikasi, menangkap, dan menuntut individu yang terkait dengan kejahatan perang dalam operasi militer Rusia di timur Ukraina, sejak 24 Februari 2022.

Garland bertemu Jaksa Agung Ukraina Iryna Venediktova untuk mendiskusikan hal tersebut. Mereka berjumpa di dekat perbatasan Polandia-Ukraina.

Baca juga : LPOI: Politisasi Agama Bahaya Laten Jelang 2024

"Saya di sini untuk menyatakan dukungan tak tergoyahkan dari Amerika Serikat untuk rakyat Ukraina di tengah invasi Rusia yang tidak beralasan dan tidak adil," kata Garland kepada sekelompok kecil wartawan dari AS dan media yang berbasis di Ukraina, dilansir CBCnews.

"Amerika Serikat mengirimkan pesan yang tidak salah lagi. Tidak ada tempat untuk bersembunyi. Kami dan mitra kami akan memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kekejaman ini," imbuhnya.

Baca juga : Zulhas Sambangi Mentan, Bahas Pangan Hingga Perlindungan Petani

Dengan kunjungannya, Selasa, Garland menjadi anggota kabinet Presiden Joe Biden yang terakhir melakukan perjalanan ke negara yang dilanda perang itu. Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken melakukan perjalanan ke sana bersama, April lalu.

Garland berhenti di Ukraina dalam perjalanannya ke Paris, Prancis, untuk pertemuan Menteri AS dan Uni Eropa. Selanjutnya, dia ke Warsawa, Polandia, sebelum masuk Ukraina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.