Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Zulhas Sambangi Mentan, Bahas Pangan Hingga Perlindungan Petani

Selasa, 21 Juni 2022 11:11 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) menerima kunjungan Mendag Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (20/6)/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) menerima kunjungan Mendag Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (20/6)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas memastikan kolaborasi membangun pangan nasional dengan Kementerian Pertanian (Kementan) akan dilakukan secara intens. 

Menurutnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementan harus berada di garda depan dalam melakukan perlindungan terhadap petani dan pedagang kecil.

"Tidak boleh ada gap (celah pemisah) antara Kementerian. Kami sudah biasa telepon-telepon, sudah beres," ujar Zulhas saat mendatangi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di ruang kerjanya, Jakarta Selatan, Senin (20/6).

Baca juga : Yang Lolos Partai Akar Rumput

Zulhas mengaku, kolaborasi yang akan dibangun nantinya, antara lain menjaga petani agar tidak rugi. Salah satu caranya membuat perlindungan atau semacam aturan, agar Indonesia mampu menahan laju impor pada komoditas bawang putih, gula pasir dan juga kedelai.

"Saya dengar dari Pak Menteri (SYL) itu beras lebih, jagung lebih. Nah, ini bisa kita sinkronkan, kolaborasi kerja sama agar jangan sampai petani kita mati karena impor yang lebih dan tidak ada aturan, yang tidak perlu, seperti bawang merah dan cabe. Itu kan tidak perlu impor. Nah, perlu ada perlindungan kepada petani kita," jelasnya.

Dikatakan Zulhas, Kemendag siap mengikuti aturan dan semua program Kementan untuk menjaga pangan Indonesia. Agar lebih meningkat dan berdampak langsung pada kesejahteraan petani. 

Baca juga : Apkasi Minta Penghapusan Honorer Ditunda Hingga Pilkada 2024

"Kalau perdagangan atur saja kan. Tapi semua ada di pertanian. Kalau pertanian tidak dilindungi susah juga, nanti dimarahi petani. Memang ini harus kerja sama erat," katanya.

Mentan SYL menyampaikan terima kasih atas kunjungan Mendag Zulhas dalam rangka menjaga pangan nasional. 

Menurut SYL, kolaborasi ini sesuatu yang baik dalam membangun sektor pertanian yang lebih kuat.

Baca juga : Puan Usul Cuti Hamil Jadi 6 Bulan, Gus Nabil: Kami Siap Perjuangkan

"Kita bersama-sama membangun sektor pertanian Indonesia," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.