Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes EU Puji Niat Jokowi Mau Ketemu Zelensky-Putin

Kamis, 23 Juni 2022 12:01 WIB
Dubes Uni Eropa Vincent Piket. (Foto Tangkapan Layar)
Dubes Uni Eropa Vincent Piket. (Foto Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada akhir bulan ini, dipuji Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket.

Menurutnya, Indonesia sangat serius dalam mewujudkan perdamaian dan terus mencoba mencari solusi mengakhiri konflik yang dimulai sejak 24 Februari lalu itu.

Dalam diskusi virtual yang diadakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Rabu (22/6), Dubes Piket memuji Indonesia yang sangat menjunjung perdamaian.

Berita Terkait : Menko Polhukam Benarkan Presiden Jokowi Bakal Temui Putin

"Sangat sangat salut dengan Presiden Jokowi. Sebagai Presiden G20, beliau terus menyerukan penghentian perang. Indonesia mengambil upaya perdamaian dengan tetap menjaga keseimbangan dengan nilai-nilai multilateral," tuturnya.

"Tentu saja, seperti negara lainnya, Indonesia memiliki kepentingan yang besar guna menciptakan solusi perdamaian dalam peperangan yang terjadi di Ukraina," ujarnya.

Piket tidak memungkiri dampak perang yang nyata bagi negara di kawasan lain. Indonesia dan negara Asia lainnya tidak dapat menghindari inflasi yang disebabkan krisis komoditas dan pangan.

Berita Terkait : Hubungan Jokowi & Mega Putus Nyambung

Dia juga menekankan bahwa Jokowi adalah pemimpin Asia pertama yang menyambangi Ukraina dan langsung ke Moskow di tengah situasi konflik.

"Saya sangat mengagumi beliau (Jokowi). Semoga kita mendapat kabar baik dari kunjungan penting ini," harapnya,

Dari sisi Uni Eropa, negara-negara anggota sedang menghadapi tantangan untuk memastikan ketahanan pangan dan energi. Setelah Rusia telah memangkas aliran gas ke beberapa negara seperti Bulgaria, Polandia, Finlandia, Denmark, Belanda hingga Jerman.***