Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Ukraina Puji Keberanian Jurnalis Di Momen Hari Pers Nasional

Jumat, 11 Februari 2022 09:31 WIB
Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Foto: Kedutaan Ukraina)
Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Foto: Kedutaan Ukraina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyampaikan kekagumannya pada jurnalis Tanah Air di momen perayaan Hari Pers Nasional 2022, Rabu (9/2).

Melalui rilis Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta, Hamianin memberi selamat kepada insan pers. Dia berharap, jurnalis Indonesia menuai kesuksesan dalam melakukan kerja-kerja profesional.

Berita Terkait : Dubes Sujatmiko Sambut Kedatangan 52 Ton Pakan Ternak Dari KAN Jatim

“Bagi saya pribadi, jurnalis sejati adalah orang-orang yang merupakan perwujudan keberanian dan kehormatan, pengawal kebenaran serta ketidakberpihakan, dan yang selalu berada di garis depan peristiwa apa pun. Semua hal tersebut sangat penting di era teknologi informasi yang serba cepat saat ini,” katanya.

Hari Pers Nasional bertepatan hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Organisasi jurnalis ini didirikan pada 9 Februari 1946.

Berita Terkait : Dubes Kamapradipta Sukses Perkuat Hubungan Dagang Di Tengah Pandemi

"Kami juga memperingati seorang tokoh yang terhormat, yaitu Adam Malik, pahlawan Nasional Indonesia dan Wakil Presiden ketiga RI, salah satu pelopor jurnalisme Indonesia,” ujar Dubes Hamianin.

Kendati lebih dikenal sebagai diplomat dan Wakil Presiden ketiga, Adam Malik memulai kariernya sebagai wartawan. Ia bahkan terlibat dalam pendirian kantor Berita Antara.

Berita Terkait : Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Jabar Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional

Dia menyebut, teladan hidup dan perjuangan Adam Malik sangat relevan bagi Ukraina saat ini, terutama untuk meraih kemerdekaan. Selama delapan tahun para jurnalis di wilayah Donbas dan krimea, ukraina telah membuktikan bahwa mereka adalah pejuang-pejuang sejati tanpa rasa takut ataupun ragu.
 Selanjutnya