Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hubungan Jokowi & Mega Putus Nyambung

Jumat, 3 Juni 2022 07:57 WIB
Presiden Jokowi saat bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Idul Fitri lalu. (Foto: Instagram/puanmaharaniri).
Presiden Jokowi saat bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Idul Fitri lalu. (Foto: Instagram/puanmaharaniri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Seperti kisah cinta anak-anak ABG, hubungan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sering kali dikabarkan putus nyambung. Namun, seiring waktu pula, Jokowi dan Mega kerap kembali tampil mesra.

Putus nyambungnya hubungan Jokowi-Mega ini sudah terlihat sejak pemerintahan Jokowi di periode pertama. Contohnya, pada Maret 2018. Saat itu, keduanya diisukan renggang karena Jokowi bermaksud merangkul Partai Demokrat. Kemudian, isu ini terbantahkan dengan pertemuan Jokowi dan Mega yang begitu mesra, di Istana Batu Tulis, Bogor, 8 Juli 2018.

Isu keretakan itu terus berulang yang kemudian dibantah dengan pertemuan mesra. Yang teranyar, hubungan keduanya dianggap sedang retak karena Mega tak menghadiri resepsi pernikahan adik Jokowi pekan pelaku, dan absennya Mega di upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri Jokowi, di Ende, Nusa Tenggara Timur, dua hari lalu. Isu keretakan ini muncul dipicu dari sikap Jokowi yang seperti memberi angin ke Ganjar Pranowo untuk nyapres di 2024. Padahal, Mega terlihat begitu menjagokan putrinya, Puan Maharani.

Berita Terkait : Adik Kang Emil: Dukungan Jokowi Sangat Membesarkan Hati Kami...

Melihat adanya isu liar ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno turun tangan. Pratikno memastikan, hubungan Jokowi-Mega baik-baik saja. Tidak ada kerenggangan.

"Hubungan (Jokowi-Mega) baik baik saja. Sangat baik-baik saja. Tidak ada istilah memanas. Tidak ada. Sangat, sangat, sangat baik," kata Pratikno, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Soal tidak hadirnya Mega di upacara Hari Kebangkitan Pancasila di Ende, Pratikno menganggap bukanlah suatu masalah. Sebab, bisa saja ada banyak faktor yang menyebabkan Ibu Banteng itu, berhalangan hadir.

Berita Terkait : Mega-Puan Digosipin Aneh-aneh

"Beliau kan barusan tiba juga dari luar negeri. Itu juga harus diperhitungkan. (Hubungan dengan Jokowi) baik-baik, nggak ada masalah," lanjutnya, memastikan.

Ia meminta agar hubungan Jokowi dan Mega tidak digoreng hingga jadi isu liar. Sebab, klaim Pratikno, keduanya tak punya masalah. "Ya, kalau ketemu (Jokowi-Mega) kan sering. Beliau bertemu kan sering. Jadi nggak usah dibawa macam-macam," pintanya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga beberapa kali meluruskan isu ketidakharmonisan hubungan Jokowi-Mega. Menurutnya, Mega dan Jokowi masih intens bertemu dan berkomunikasi. Soal tidak hadirnya Mega di acara pernikahan adik Jokowi, tak bisa dijadikan patokan bahwa hubungan keduanya retak.

Berita Terkait : Jokowi Di Tengah Putin Dan Zelenskyy

"Kalau Ibu Mega (tidak hadir) karena masih proses new normal akibat pandemi, lebih banyak di rumah," kata Hasto, kepada Rakyat Merdeka, pekan lalu.
 Selanjutnya