Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Depan Jokowi, Menlu China Puji Upaya Damai RI Dalam Konflik Rusia-Ukraina

Senin, 11 Juli 2022 16:10 WIB
Presiden Jokowi (kanan), berjabat tangan dengan Menlu China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/7). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (kanan), berjabat tangan dengan Menlu China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/7). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan State Counsellor Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

Kunjungan kehormatan ini dilakukan, setelah Menlu China menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 pada Jumat (8/7), yang dilanjutkan dengan pertemuan High Level Dialogue Cooperation Mechanism antara Indonesia dan China.

Baca juga : Media Berperan Penting Ciptakan Perdamaian Di Tengah Konflik

Dalam pertemuan yang membahas empat pilar (politik, ekonomi, budaya, dan maritim), pihak Indonesia diwakili Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sementara dari pihak China, diwakili State Counsellor yang merangkap sebagai Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. Didampingi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia Lu Kang dan Assistant Minister Kementerian Luar Negeri China, Wu Jianghao. 

“Dalam pertemuan kunjungan kehormatan tadi, China menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia di G20. Apresiasi tinggi diberikan China dalam pertemuan Menlu G20. Indonesia dinilai berhasil menjalankan kepemimpinanya yang baik dan bijak. Sehingga, pertemuan para Menlu G20 dapat berjalan dengan baik,” papar Retno dalam keterangan virtual yang dipantau melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7).

Baca juga : Diplomasi Jokowi Jadi Inspirasi Pemimpin Dunia Menuju Perdamaian Rusia-Ukraina

"China juga memuji langkah Indonesia dalam upaya penyelesaian damai terkait konflik Rusia-Ukraina. Secara spesifik, juga disebutkan soal kunjungan Jokowi ke Kiev dan Moskow," pungkasnya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.