Dark/Light Mode

Kunjungi Tiga Negara Asia Timur

Jokowi Tunjukin Netral Di Konflik AS Vs China

Selasa, 26 Juli 2022 08:05 WIB
Joko Widodo dan Xi Jinping bertemu di Osaka Jepang pada 2019. Keduanya akan berjumpa lagi di Beijing, China, 26 Juli 2022. (Foto Associated Press)
Joko Widodo dan Xi Jinping bertemu di Osaka Jepang pada 2019. Keduanya akan berjumpa lagi di Beijing, China, 26 Juli 2022. (Foto Associated Press)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, ketiga negara yang akan dikunjungi Jokowi merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi. Selain itu, ketiga negara itu juga mitra strategis Indonesia terkait masalah kawasan.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” ujar Retno.

Baca juga : Tur Ke Asia Timur, Jokowi Temui Pimpinan China Sampai Korsel

Setelah mengunjungi China, lanjut Retno, Jokowi bakal bertolak menuju Tokyo. “Di Tokyo, menurut rencana Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan PM Jepang Fumio Kishida dan kalangan bisnis di tanggal 27 Juli 2022,” imbuh Retno.

Di Negeri Sakura, Jokowi juga rencananya bakal diterima Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako. Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengumumkan, dikutip Kyodo, Senin (25/7), Kaisar Naruhito dan Permaisuri Jepang akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana pada Rabu (27/7), di kediaman mereka.

Baca juga : Presiden Jokowi Tamu Asing Pertama Yang Diterima Di Kediaman Kehormatan Kaisar Naruhito

Selain menyampaikan undangan pertemuan tingkat tinggi Group of Twenty (G20) kepada PM Fumio Kishida, Jokowi juga akan menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya mantan PM Shinzo Abe.

Selanjutnya, Jokowi bakal berkunjung ke Seoul. Jokowi diagendakan bertemu Presiden Korsel Yoon Seok-yeol. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.