Dark/Light Mode

Tur Ke Asia Timur, Jokowi Temui Pimpinan China Sampai Korsel

Senin, 25 Juli 2022 15:42 WIB
Presiden didampingi Ibu Iriana Jokowi bertolak menuju Beijing, RRT, Senin (25/7) siang. (Foto: Humas Setkab/Oji)
Presiden didampingi Ibu Iriana Jokowi bertolak menuju Beijing, RRT, Senin (25/7) siang. (Foto: Humas Setkab/Oji)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur pada Senin (25/7) 

Ketiga negara tersebut yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

"Ketiga negara tersebut merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dikutip dalam rilis Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI), Sekretariat Presiden, Senin (25/07).

Baca juga : Puan Serap Aspirasi Akar Rumput Sebelum Temui Para Ketua Umum Parpol

Retno menjelaskan, bahwa Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu, mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

" Yaitu kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” ucap Menlu.

Dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca juga : Berbaur Bersama Muslim Uighur, Otoritas China Dicurigai

Jokowi beserta Iriana akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, RRT selama kurang lebih 7 jam dan diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Turut mendampingiJokowi dan Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, RRT, yaitu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Sementara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.