Dark/Light Mode

Indonesia Buka Hubungan Diplomatik Dengan Niue Dan Kepulauan Cook

Senin, 15 Juli 2019 04:27 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) dan Perdana Menteri Kepulauan Cook Henry Puna di sela-sela Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7). (Foto : Kemlu RI).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) dan Perdana Menteri Kepulauan Cook Henry Puna di sela-sela Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7). (Foto : Kemlu RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia secara resmi membuka hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue. Upacara pembukaan hubungan diplomatik tersebut berlangsung di sela-sela ajang Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7).

Pembukaan hubungan diplomatik diresmikan melalui penandatanganan komunike bersama antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Perdana Menteri Kepulauan Cook Henry Puna dan Perdana Menteri Niue Toke Tufukia Talagi.

Baca juga : Industri Hulu Migas Penggerak Ekonomi Daerah

“Hubungan diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue telah melengkapi cakupan hubungan diplomatik Indonesia dengan seluruh negara Pasifik,” tutur Retno dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, Sabtu (13/7).

Hubungan itu, lanjutnya, akan memperluas ikatan Indonesia di kawasan Pasifik dan memungkinkan Indonesia untuk secara langsung hadir dan menjadi bagian dari solusi bagi sejumlah tantangan bersama seperti perubahan iklim dan bencana alam.

Baca juga : Tingkatkan Hubungan Diplomatik, RI-AS Kerja Sama Di Bidang Militer

Seperti dipertegas para pemimpin Kepulauan Cook pada Pacific Islands Forum (PIF) 2018, Indonesia merupakan mitra dialog yang penting di kawasan. Saat ini, terdapat lebih dari 200 WNI yang bekerja di sektor pariwisata dan pertanian Kepulauan Cook. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.