Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasca Bom Kartasura, Ditjen Perhubungan Laut Tingkatkan Kewaspadaan

Selasa, 4 Juni 2019 08:43 WIB
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha (ketiga kanan) (Foto: Humas Hubla)bom kart
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha (ketiga kanan) (Foto: Humas Hubla)bom kart

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan pasca peristiwa ledakan di Pos Pengaman (Pospam) Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Sukoharjo Jawa Tengah, Senin (3/6) malam.

Terkait hal itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha meminta agar para Kepala Syahbandar Utama, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP), Kepala Pangkalan PLP serta Kepala KSOP Khusus Batam untuk konsisten dalam melakukan pemeriksaan keamanan terhadap penumpang, orang, dan barang bawaannya di terminal pelabuhan dan kapal.  Bekerja sama dengan aparat keamanan, operator pelabuhan, dan operator kapal.

Baca juga : Geledah Rumah Tersangka Bom Kartasura, Polisi Temukan Sejumlah Barang Bukti

"Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, masing-masing UPT (Unit Pelaksana Teknis) Ditjen Perhubungan Laut meningkatkan frekuensi patroli keamanan, baik di land side maupun sea side," ujar Arif dalam keterangan resmi yang diterima RMcoid, Selasa (4/6).

Selanjutnya, Arif juga mengingatkan agar memeriksa peralatan kerja yang dibawa oleh karyawan, dan memastikan peralatan tersebut dibawa kembali pada saat keluar. Serta menempatkan personil pengamanan di setiap access point, atau menutup access tersebut apabila tidak digunakan.

Baca juga : Kapolda Jateng: Bom Kartasura, Serangan Kepada Pihak Kepolisian

"Harus responsif terhadap setiap laporan yang mencurigakan. Segera koordinasi dengan pihak aparat keamanan, terkait laporan kondisi keamanan di daerah operasional masing2 pelabuhan, dan melaksanakan sistem keamanan berdasarkan sistem dan prosedur yang ditetapkan," tutup Arif. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.