Dark/Light Mode

Industri Hulu Migas Penggerak Ekonomi Daerah

Kamis, 11 Juli 2019 21:50 WIB
SKK Migas menggelar diskusi migas tentang Kontribusi Kegiatan Usaha Hulu Migas sebagai Penggerak Perekonomian Pengembangan Industri di Daerah yang digelar di Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (11/7). (Foto: Ist)
SKK Migas menggelar diskusi migas tentang Kontribusi Kegiatan Usaha Hulu Migas sebagai Penggerak Perekonomian Pengembangan Industri di Daerah yang digelar di Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (11/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat industri hulu migas menjadi penggerak ekonomi di daerah.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi migas yang bertema Kontribusi Kegiatan Usaha Hulu Migas sebagai Penggerak Perekonomian Pengembangan Industri di Daerah yang digelar di Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (11/7). Diskusi ini hasil kerja sama SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS).

Baca juga : Gubernur Ganjar Minta Dukungan Pemerintah Pusat Dorong Perekonomian Jateng

Dalam diskusi tersebut hadir sebagai pembicara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kota Balikpapan Bimo Epyanto, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur Wahyu Widhi Heranata, dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Aji Sofyan Effendi. Diskusi Hulu Migas kali ini juga dibuka oleh Syaifudin selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Syaifudin mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan diskusi hulu migas. Menurutnya, diskusi ini membantu parastakeholder dan masyarakat untuk memahami berbagai kegiatan hulu migas yang telah dilakukan di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga : Pemerintah Pusat Akan Back Up Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Jateng

“Selain itu, diskusi ini sangat membantu industri hulu migas untuk menyebarluaskan informasi kontribusi yang telah kami lakukan kepada pengembangan industri daerah penghasil,” jelas Syaifudin.

Menurut dia, sektor hulu migas merupakan satu satu sektor usaha nasional yang telah memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, industri hulu migas di Indonesia masih memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian baik lokal maupun nasional.

Baca juga : Masuk Tren Digital, Industri Kudu Terapkan Teknologi Blockchain

“Saat ini SKK Migas terus berupaya menggandeng minat investor untuk meningkatkan aktivitas hulu migas melalui kegiatan eksplorasi demi menemukan cadangan migas baru,” katanya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Diskusi Hulu Migas, diharapkan mampu memberikan pengertian serta informasi yang dibutuhkan bagi pemangku kepentingan terkait kontribusi industri hulu migas yang telah dihasilkan. Selain itu, diskusi ini juga menjadi kesempatan untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan media lokal. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.