Dark/Light Mode

Kim Jong Un Deklarasikan Korut Menang Lawan Covid

Kamis, 11 Agustus 2022 12:08 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong Un (Foto: Net)
Pemimpin Korut Kim Jong Un (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah mendeklarasikan kemenangan, dalam pertempuran melawan Covid-19.

Media pemerintah KCNA menyebut, protokol kesehatan yang diberlakukan sejak Mei, juga sudah diperintahkan untuk dicabut.

Hingga saat ini, Korut belum mengungkapkan total kasus terkonfirmasi Covid. Namun, sejak 29 Juli, Korut tidak melaporkan adanya kasus baru di tengah kemampuan pengujian terbatas.

Baca juga : Teladani Bung Hatta, PUPR Berupaya Sediakan Rumah Layak Huni

Kim mengatakan, total angka kematian resmi Korea Utara yang berjumlah 74 orang adalah keajaiban yang belum pernah terjadi sebelumnya, bila dibandingkan dengan negara lain.

Para ahli meyakini, total kasus yang dilaporkan Korea Utara, tidak menunjukkan gambaran secara keseluruhan. Deklarasi kemenangan itu datang, meski tak ada program vaksin yang diketahui.

Sejauh ini, Korut hanya mengandalkan lockdown, tanaman obat rumahan, dan apa yang disebut Kim sebagai sistem sosialis gaya Korea yang menguntungkan.

Baca juga : 30 Jurnalis dan Karyawan Korporasi Adu Merdu di Festival Karaoke

Korut sebelumnya melaporkan jumlah orang yang mengalami gejala demam. Namun, tidak menyebut kasus tersebut sebagai Covid.

Kasus harian gejala demam itu mencapai puncaknya pada 15 Mei, dengan angka 392.920 orang, Kontan, para pakar pun memperingatkan soal krisis yang tak terhindarkan.

WHO meragukan pernyataan Korut soal kemenangan atas pandemi.

Baca juga : Airlangga Ungkap Kunci Keberhasilan Pengembangan UMKM

Juli lalu, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kesehatan dunia itu meyakini, situasi pandemi di Korut justru semakin buruk di tengah ketiadaan data independen.

Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un, mengatakan kakaknya itu juga pernah mengalami gejala demam.

Dia menuding brosur-brosur yang mengalir dari Korea Selatan sebagai penyebab wabah tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.