Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teladani Bung Hatta, PUPR Berupaya Sediakan Rumah Layak Huni

Senin, 8 Agustus 2022 10:41 WIB
Pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat terus ditingkatkan  di sejumlah daerah.
Pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat terus ditingkatkan di sejumlah daerah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Semangat Bung Hatta dalam mewujudkan perumahan rakyat menjadi teladan bagi Kementerian PUPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya, terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini. 

“Semangat ini tentu semakin kita rasakan di mana kebanyakan orang kini harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah, maka  kebutuhan rumah yang sehat, aman dan layak huni menjadi tumpuan dan memegang peranan penting. Karena hanya rumahlah yang menjadi tempat kita bernaung untuk melakukan isolasi atas deraan pandemi yang sedang kita hadapi,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam acara webinar Jejak Pemikiran Bung Hatta “Pejuang sederhana dan Pemikir yang Visioner”, dalam keterangannya, Senin (8/8).

Baca juga : Marshanda, Dipaksa Masuk Rumah Sakit Jiwa

Dalam mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh Bung Hatta, Kementerian PUPR telah melakukan sejumlah langkah terkait penyediaan perumahan. Pada bidang pembiayaan, terus menyalurkan bantuan subsidi bagi MBR, di antaranya melalui bantuan fasilitas likuiditas  pembiayaan perumahan di mana pada tahun 2022 ini ditargetkan tersalur untuk 200 ribu unit rumah.

“Ada juga bantuan-bantuan yang sifatnya memberi subsidi, seperti subsidi selisih bunga, subsidi bantuan uang muka, skema-skema ini terus kami lakukan,” tambah Fatah.

Baca juga : Maruf Cahyono: Perlu Sinergi Insan Kehumasan

Di segi konsep, desain dan teknologi, Kementerian PUPR juga terus mengembangkan hunian vertikal dengan konsep transit oriented development (TOD) untuk meningkatkan aksesibilitas antara tempat tinggal dan tempat kerja masyarakat. 

Kemudian pengembangan perumahan skala besar, pengembangan rumah instan sederhana sehat (RISHA), pengembangan rumah unggul sistem panel instan (RUSPIN) dan rumah modular lainnya.

Baca juga : Lestari: Dorong Kreativitas Anak Bangsa Untuk Ciptakan Kemandirian

“Untuk pembangunan rumah dengan waktu yang cepat kami menggunakan teknologi RISHA. Selain di Palu, kami telah menyelesaikan pembangunan hunian tetap (huntap) di Lumajang bagi para korban letusan Gunung Semeru,” ungkap Fatah.

Melalui komitmen-komitmen ini diharapkan dapat menurunkan angka backlog serta menyediakan hunian layak dan sehat bagi masyarakat Indonesia, khususnya MBR. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.