Dark/Light Mode

Suhu Tiga Digit Berpotensi Padamkan Listrik di New York, Washington, dan Chicago

Rabu, 17 Juli 2019 21:16 WIB
Suasana Kota Manhattan, AS saat mati listrik pada Sabtu (13/7) pekan lalu. (Foto: AFP)
Suasana Kota Manhattan, AS saat mati listrik pada Sabtu (13/7) pekan lalu. (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Dia meminta pelanggan Pepco untuk mengunduh aplikasi Pepco, dan melaporkan kondisi terkini mengenai jaringan listrik di kawasan layanan Pepco. "Di aplikasi ini, pelanggan bisa melaporkan pemadaman listrik lewat peta interaktif kami," jelas Harper.

Perusahaan listrik ComDd di Chicago juga bersiap menghadapi dampak buruk suhu panas. Diperkirakan, Chicago akan merasakan hawa sampai 96 Farenheit atau sekitar 35 derajat Celcius pada Jumat (20/7). "Saat suhu ekstrem melanda, sistem pasti akan merasakan beban yang membawa kerusakan dan berujung pemadaman listrik," jelas Presiden sekaligus Kepala Operasjonal ComEd Terence Donnely.

Baca juga : Priangan Timur Berpotensi Tingkatkan Produksi Pisang Nasional

"Gelombang panas perlahan mendekati wilayah kita. Karena itu, kita harus selalu menyiapkan diri untuk situasi darurat, dan menjadwalkan kru tambahan untuk bekerja di saat pemadaman terjadi," sambung Donnely.

Ada sejumlah tips untuk menghindari kelebihan beban listrik. Pertama, pastikan untuk mematikan AC jika meninggalkan rumah. Akan lebih baik lagi,  jika Anda memasang timer untuk menyalakan AC 30 menit sebelum kita sampai ke rumah. Gunakan AC di ruangan yang sering dipakai.

Baca juga : ESDM Jamin Pasokan Listrik Di Labuan Bajo

Selain itu, pastikan Anda menutup jendela dengan tirai yang gelap. Sebab, 40 persen sumber panas dihasilkan dari jendela yang tidak ditutupi tirai. Gunakan mesin penghasil panas seperti oven atau mesin cuci di pagi atau malam hari, untuk mengurangi dampak udara panas yang dihasilkan mesin tersebut.

Sebisa mungkin, gunakan kipas angin dan buka jendela agar sirkulasi udara berjalan baik. Kipas menggunakan 20 persen energi lebih sedikit dari pendingin udara. Cabut selalu kabel barang elektronik, jika sudah tidak lagi digunakan. Matikan lampu, jika memang tidak diperlukan. Sebab, cahaya lampu juga bisa meningkatkan suhu ruangan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.