Dark/Light Mode

Dinyinyirin Makan Malam Pakai Duit Negara, Menteri Prancis Mundur

Rabu, 17 Juli 2019 10:47 WIB
Francois de Rugy (Foto AFP)
Francois de Rugy (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri senior kabinet Prancis dan sekutu dekat Presiden Emmanuel Macron mengundurkan diri setelah muncul laporan yang menuduhnya menggelar makan malam. Dengan menunya antara lain, sampanye, lobster raksasa, dan sebotol anggur.

Dilansir dari AFP, Francois de Rugy, yang ditunjuk sebagai menteri lingkungan hidup pada September 2018, mengumumkan mundur dari jabatannya setelah sepekan jadi pemberitaan. Presiden Macron telah menerima pengunduran dirinya. Istana Elysee menyatakan, Menteri Transportasi Elisabeth Borne telah ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup yang baru. De Rugy mengakui dirinya menjadi tuan rumah makan malam, tetapi dengan tegas mengatakan bahwa itu merupakan bagian dari pekerjaan.

Baca juga : Kementan Manfaatkan Bonus Demografi Melalui Modernisasi Pertanian

"Serangan dan hukuman mati tanpa pengadilan yang menargetkan keluarga saya memaksa saya untuk mengambil langkah mundur yang diperlukan," kata de Rugy, yang nomor dua dalam pemerintahan setelah Perdana Menteri Edouard Philippe.

Mediapart telah menerbitkan foto-foto de Rugy dan istri jurnalisnya yang menikmati makan malam sampanye dan lobster yang mewah. Situs web itu menuduh peristiwa itu mengorbankan pembayar pajak. Mediapart menuduh bahwa acara tersebut pada dasarnya diselenggarakan istrinya jurnalis Severine de Rugy untuk lingkaran mereka.

Baca juga : Kalau Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Mau Bikin Susi.com 

Mediapart juga mengungkapkan, de Rugy telah mendapat manfaat dari sebuah apartemen di dekat kota asalnya Nantes di Prancis barat yang disewa dengan tarif khusus yang ditujukan untuk pekerja berpenghasilan rendah. Laporan lain merujuk pada pengering rambut 500 euro atau sekitar Rp 7,8 juta yang dibeli oleh istri de Rugy dengan biaya publik dan renovasi apartemen pemerintah mereka dengan biaya 63.000 euro atau sekitar Rp 987 juta. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.