Dark/Light Mode

Biden Kirim Ucapan Selamat HUT RI Ke Jokowi

Rabu, 17 Agustus 2022 08:44 WIB
Presiden Joko Widodo tertawa sambil bersandar di bahu Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika mengikuti pertemuan G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022.(Foto Biro Presiden)
Presiden Joko Widodo tertawa sambil bersandar di bahu Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika mengikuti pertemuan G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022.(Foto Biro Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengirimkan ucapan selamat HUT ke-77 Kemerdekaan RI kepada Presiden Joko Widodo dan Rakyat Indonesia.

"Bapak Presiden (Jokowi) yang terhormat, atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," bunyi pesan Biden kepada Jokowi dalan keterangan Kedubes AS yang diterima Selasa (16/8).

Baca juga : AHY Kirim Bunga Ucapan Selamat Di Acara Koalisi Indonesia Bersatu, Sinyal Demokrat Gabung?

Dalam pesannya, Biden mengatakan bahwa, sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang mirip di antara kedua negara, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

E Pluribus Unum adalah semboyan atau motto Amerika Serikat. Kalimat itu diambil dari bahasa Latin dan secara harafiah berarti "Dari banyak menjadi satu." Moto dari kedua negara, menurut Biden, menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

Baca juga : Pengiriman Kereta Cepat Jakarta Bandung Jadi Kado HUT RI Ke-77

"Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh," lanjut mantan wapres itu.

"Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra strategis (Indonesia)," pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.