Dark/Light Mode

Ratusan Orang Antusias Ikut Lomba 17 Agustusan Di Istanbul

Kamis, 25 Agustus 2022 12:00 WIB
Perayaan peringatan HUT ke-77 RI di KJRI Istanbul, Turki, Rabu, 17 Agustus 2022. (Foto KJRI Istanbul)
Perayaan peringatan HUT ke-77 RI di KJRI Istanbul, Turki, Rabu, 17 Agustus 2022. (Foto KJRI Istanbul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 800 masyarakat Indonesia yang berdomisili di Istanbul dan Kawasan Marmara, Turki, mengikuti berbagai lomba olahraga dan permainan tradisional Indonesia yang diselenggarakan KJRI Istanbul untuk memperingati HUT ke-77 RI.

Perlombaan seperti tenis meja, gaplek, billar, futsal sarung, tarik tambang, balap karung, joget balon, dan lomba kelereng dilaksanakan sejak 13 Agustus 2022 di KJRI Istanbul.

Baca juga : Senang Ikut Lomba 17 Agustusan Sambil Piknik

"Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik tidak hanya untuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia tetapi juga momentum kebersamaan masyarakat Indonesia di wilayah Marmara," kata Konsul Jenderal RI di Istanbul Imam As’ari dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

Masyarakat Indonesia mengikuti berbagai perlombaan tersebut dengan antusias, mengingat selama dua tahun berturut-turut mereka tidak bisa merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia secara meriah karena pandemi Covid-19.

Baca juga : Meriah, Ratusan Warga Cengkareng Antusias Dukung Program Petik Masak Relawan Mak Ganjar

Kemeriahan pertandingan olahraga dan permainan tradisional Indonesia juga diramaikan dengan Bazar Kemerdekaan yang diikuti 11 UMKM kuliner milik diaspora Indonesia di Istanbul dan sekitarnya.

Aneka makanan dan minuman Indonesia seperti bakso, ketoprak, gado-gado, siomay, nasi rames, nasi padang, ayam geprek, es cendol, es buah, dan lainnya menambah semarak suasana perayaan HUT RI tahun ini.

Baca juga : Gelar Pesta Rakyat Meriahkan 17 Agustusan Di Dhaka

Puncak perayaan HUT ke-77 RI diperingati dengan upacara bendera di Wisma Konjen RI Istanbul pada Rabu (17/8), dengan dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan. Mereka terdiri dari unsur pelajar, masyarakat dan diaspora Indonesia di Kawasan Marmara, serta Friends of Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.